Menlu RI dan Jepang Bahas Kerja Sama Bilateral di G20

    Willy Haryono - 23 November 2019 09:50 WIB
    Menlu RI dan Jepang Bahas Kerja Sama Bilateral di G20
    Menlu Retno Marsudi (tiga kiri bawah) dalam pertemuan Menlu G20 di Nagoya, Jepang, Sabtu 23 November 2019. (Foto: Twitter/@Menlu_RI)
    Nagoya: Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno L. P. Marsudi dalam pertemuan luar negeri G20 di Aichi-Nagoya, Jepang, Jumat 22 November 2019. Pertemuan berlangsung mulai pukul 17:25 waktu setempat selama kurang lebih 25 menit.

    Di awal pertemuan, Menlu Motegi menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya kembali Menlu Retno, dan mengatakan bahwa berdasarkan hasil pertemuan puncak beberapa waktu lalu, Jepang bertekad untuk meningkatkan kerja sama secara aktif di bidang pembangunan infrastruktur dan pembangunan SDM yang ditetapkan sebagai prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo jilid II.

    Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Menlu Motegi serta suksesnya Jepang sebagai ketua G20 tahun ini. Menlu Retno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan Jepang sehingga empat Menteri Indonesia, termasuk beliau sendiri, telah atau sedang berkunjung ke Jepang pekan ini.

    Selanjutnya, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, kedua pihak juga bertukar pendapat mengenai kerja sama pertukaran warga, termasuk penerimaan SDM Indonesia di Jepang.

    Dalam kesempatan ini, kedua belah pihak telah menyetujui untuk bekerja sama demi pelaksanaan repatriasi kerangka tentara Jepang yang gugur di Indonesia selama Perang Dunia Kedua. Sementara Menlu Motegi juga meminta kepada Menlu Retno agar larangan terhadap impor produk makanan Jepang dicabut secepat mungkin.

    Selanjutnya, kedua belah pihak membahas isu situasi regional, termasuk masalah Laut China Selatan dan memastikan untuk melanjutkan kerja sama. Menlu Motegi juga mengatakan bahwa Jepang mendukung ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Menlu Retno menyambut baik hal tersebut.

    Selain itu, Menlu Motegi menyampaikan tekad Jepang untuk memperkokoh kerja sama di bidang kemaritiman melalui terlaksananya pembangunan pulau-pulau terluar serta kemitraan teknik dengan BAKAMLA secara mantap. Kedua belah pihak juga bertukar pendapat tentang mengenai kesepakatan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id