Kanada Larang Perjalanan Staf Konsulat Hong Kong ke Tiongkok

    Sonya Michaella - 23 Agustus 2019 14:59 WIB
    Kanada Larang Perjalanan Staf Konsulat Hong Kong ke Tiongkok
    Bendera Kanada dan Tiongkok. (Foto: AFP)
    Hong Kong: Konsulat Kanada di Hong Kong menangguhkan semua perjalanan kerja ke daratan Tiongkok untuk staf lokalnya usai insiden penahanan staf lokal Konsulat Inggris, Simon Cheng.

    "Mulai hari ini, seluruh perjalanan bisnis staf lokal Konsulat Kanada ke daratan Tiongkok ditangguhkan sampai waktu yang belum ditentukan," sebut pernyataan dari konsulat, dikutip dari South China Morning Post, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Keputusan Konsulat Kanada di Hong Kong ini selaras dengan perintah Perdana Menteri Justin Trudeau yang telah menyatakan akan melawan Tiongkok serta mendesak adanya pengurangan ketegangan atas protes antipemerintah di Hong Kong.

    Terkait pernyataan Trudeau tersebut, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan keberatan. Tiongkok menegaskan, masalah Hong Kong adalah urusan internal Tiongkok dan meminta Kanada untuk tidak ikut campur.

    Baca: Keluarga Staf Konsulat Inggris Tuding Tiongkok Sebar Hoaks

    Tiongkok mengaku menahan Cheng pada 8 Agustus setelah pria itu mengunjungi Shenzhen untuk perjalanan bisnis. Dia ditahan oleh polisi Shenzhen karena melanggar undang-undang keamanan publik dan didenda sebesar 5.000 Yuan.

    The Global Times, surat kabar yang dikelola pemerintah Tiongkok, menyebut penahanan Cheng disebabkan karena ia memesan pelacur di perbatasan Tiongkok-Hong Kong tersebut. Namun, berita ini dibantah oleh pihak keluarga.

    Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang menyatakan, staf lokal konsulat ini merupakan warga Hong Kong, bukan warga Inggris.
     
    "Izinkan saya mengklarifikasi, staf ini adalah warga negara Hong Kong, dia bukan warga negara Inggris, yang juga mengatakan dia adalah orang Tiongkok," ucap Geng.
     
    Geng mengatakan bahwa Cheng telah melanggar Undang-Undang Hukuman Administrasi Keamanan Publik. Undang-undang memiliki ruang lingkup luas yang bertujuan untuk menjaga ketertiban umum di masyarakat’ dan ‘menjaga keamanan publik’ serta memastikan polisi dan pasukan keamanan bertindak dalam hukum.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id