Doan Thi Huong Dibebaskan 3 Mei 2019

    Willy Haryono - 13 April 2019 12:23 WIB
    Doan Thi Huong Dibebaskan 3 Mei 2019
    Doan Thi Huoang dikawal aparat keamanan. (Foto: AFP)
    Kuala Lumpur: Doan Thi Huong, seorang perempuan asal Vietnam yang terjerat kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, akan dibebaskan pada 3 Mei 2019. Kabar disampaikan pengacara Doan, Naran Singh, kepada kantor berita Kyodo News, Sabtu 13 April 2019.

    Naran mengatakan via pesan singkat bahwa otoritas Malaysia telah mengonfirmasi pembebasan Doan dari penjara wanita di Kajang pada 3 Mei mendatang. Kim Jong-nam tewas dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017.

    Didakwa pasal pembunuhan dua tahun lalu, Doan mengaku bersalah atas dakwaan yang lebih rendah, yakni "menyebabkan luka pada orang lain" pada 1 april lalu. Dakwaan tersebut dapat berujung vonis 10 tahun penjara.

    Namun selang beberapa hari, kejaksaan Malaysia menawarkan pembebasan kepada Doan. Pemerintah Vietnam meningkatkan upaya lobi kepada Malaysia usai Siti Aisyah dibebaskan bulan lalu.

    Siti, 27, juga merupakan salah satu perempuan yang terjerat kasus Kim Jong-nam. Ia dan Doan dituduh memaparkan racun saraf VX ke wajah Kim Jong-nam. Keduanya membantah, dan mengaku hanya mengira sedang berada dalam sebuah acara televisi.

    Bulan lalu, Jaksa Agung Malaysia menarik dakwaan pembunuhan terhadap Aisyah, namun tidak untuk Doan. Vietnam kala itu langsung melancarkan kritik dan menilai Malaysia tidak adil serta bertindak diskriminatif. 

    Namun setelah terus menekan Malaysia, Doan akhirnya juga akan mengikuti langkah Siti dan bisa pulang ke kampung halaman.

    Pengadilan Tinggi Shah Alam telah menjatuhkan vonis kepada Doan selama 3 tahun empat bulan atas dakwaan "menyebabkan luka pada orang lain." Namun hukumannya dikurangi karena Doan sudah dipenjara selama lebih dari dua tahun dan juga berperilaku baik.

    Doan sempat menangis saat jaksa agung menolak permintaan untuk membebaskan dirinya seperti Siti.

    Saat keluar dari gedung, dia mengaku tertekan. "Saya tertekan. Saya tidak bersalah. Saya ingin keluarga saya berdoa untuk saya," cetusnya kepada awak media.

    Baca: Pengacara Doan Thi Huong Merasa Kliennya Diperlakukan Tak Adil



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id