Jepang Terima 333 Perawat dan Caregiver Asal Indonesia

    Sonya Michaella - 18 Juni 2019 15:04 WIB
    Jepang Terima 333 Perawat dan Caregiver Asal Indonesia
    Sebanyak 333 calon perawat dan caregiver di Kedubes Jepang di Jakarta, Selasa 18 Juni 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
    Jakarta: Pemerintah Jepang kembali menyambut 333 perawat dan caregiver asal Indonesia untuk bekerja di Negeri Sakura. Penerimaan ini berdasarkan kerja sama yang telah terjalin antarkedua negara.

    Berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Jepang-Indonesia yang dibentuk sejak 2008, kedua negara sepakat bekerja sama lewat pengiriman perawat dan caregiver Indonesia ke Jepang. Pengiriman tahun ini adalah gelombang ke-12.

    "Jepang sangat membutuhkan perawat dan caregiver dari Indonesia berdasarkan kerja sama yang telah kami bentuk. Saya harap kalian betah di Jepang," kata Direktur Urusan Ekonomi Kedutaan Besar Jepang, Miyashita Tadayuki, di Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.

    Sejak program ini dimulai kali pertama hingga sekarang, total terdapat sekitar 2.500 perawat dan caregiver Indonesia yang telah bekerja di Jepang. 

    "Gelombang ke-12 ini memiliki jumlah yang paling besar dari sebelumnya. Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini," lanjut dia.

    Sebanyak 333 calon perawat dan caregiver ini telah belajar Bahasa Jepang selama enam bulan di Jakarta. Setibanya di Jepang, mereka akan dibagi di tiga kota, yaitu Tokyo, Osaka dan Nagoya, untuk memperdalam pemahaman Bahasa Jepang selama enam bulan.

    Setelah menyelesaikan studi bahasa, mereka akan mulai ditempatkan di rumah sakit untuk profesi perawat, dan panti jompo untuk caregiver. Total jumlah untuk tahun ini adalah 38 perawat dan 295 caregiver.

    Rata-rata dari mereka adalah lulusan sekolah keperawatan di Indonesia. Keberangkatan mereka ke Jepang akan dibagi selama tiga sesi yaitu malam ini, Rabu besok dan lusa. 

    Ditegaskan pula bahwa Jepang akan terus bekerja sama dengan Indonesia serta kementerian dan lembaga terkait untuk menghasilkan pekerja-pekerja yang disiplin di berbagai bidang, terutama kesehatan.

    Baca: Perawat Asal Indonesia Disukai dan Dibutuhkan Jepang



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id