10 Orang Tewas dalam Ledakan di Pabrik Gas Tiongkok

    Willy Haryono - 20 Juli 2019 16:06 WIB
    10 Orang Tewas dalam Ledakan di Pabrik Gas Tiongkok
    Sebuah mobil hancur tertimpa tiang di dekat lokasi ledakan pabrik gas di Yima, Henan, Tiongkok, Jumat 19 Juli 2019. (Foto: AFP/STR)
    Yima: Ledakan di sebuah pabrik gas di Tiongkok pusat telah menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 19 lainnya. Menurut keterangan otoritas setempat, Sabtu 20 Juli 2019, lima orang juga masih dinyatakan hilang dalam ledakan tersebut.

    Dikutip dari laman Al Arabiya, ledakan pada Jumat 19 Juli malam terjadi di sebuah pabrik gas di kota Yima, provinsi Henan. Kuatnya ledakan memecahkan banyak kaca dan pintu dari sejumlah bangunan dalam radius tiga kilometer dari pabrik.

    Media nasional Xinhua melaporkan bahwa ledakan terjadi di unit pemisahan udara di pabrik gas Henan Coal Gas (Group) Co., LTD. Ledakan bukan terjadi di area tanki gas, dan semua produksi dihentikan akibat insiden ini.

    Kecelakaan industri sering terjadi di Tiongkok, meski pemerintah pusat telah memerintahkan peningkatan standar keselamatan kerja di banyak pabrik, pembangkit tenaga listrik dan area tambang.

    Lebih dari 60 orang tewas pada Maret lalu dalam sebuah ledakan di pabrik kimia di provinsi Jiangsu.

    Salah satu kecelakaan kerja terparah di Tiongkok adalah ledakan di sebuah gudang kimia di kota Tianjin pada 2015. Ledakan dahsyat saat itu menewaskan 173 orang, sebagian besarnya adalah petugas pemadam kebakaran dan polisi.

    Tragedi saat itu terjadi akibat konstruksi ilegal dan juga penyimpanan bahan kimia berbahaya yang tidak mengikuti standar keselamatan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id