Pria Terpendek di Dunia Meninggal akibat Pneumonia

    Willy Haryono - 18 Januari 2020 16:13 WIB
    Pria Terpendek di Dunia Meninggal akibat Pneumonia
    Khagendra Thapa Magar bersama seorang fotografer. (Foto: AFP PHOTO/Prakasj Mathema)
    Madhyamanchal: Pria terpendek di dunia yang telah diverifikasi oleh Rekor Dunia Guinness meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Nepal, Jumat 17 Januari. Khagendra Thapa Magar, dengan tinggi badan 67,08 sentimeter, meninggal akibat pneumonia di sebuah RS di Pokhara, sekitar 200 kilometer dari Kathmandu.

    "Dia telah keluar masuk rumah sakit akibat pneumonia. Namun kali ini jantungnya juga terkena imbas buruk. Dia meninggal hari ini," kata Mahesh Thapa Magar, kakak Khagendra, dikutip dari Japan Times, Sabtu 18 Januari 2020.

    Magar dideklarasikan sebagai pria terpendek di dunia pada 2010 usai hari ulang tahunnya yang ke-18. Kala itu, ia difoto sedang memegang sebuah sertifikat yang ukurannya tidak jauh berbeda dengannya.

    Namun ia kehilangan gelar tersebut usai pria Nepal bernama Chandra Bahadur Dangi, dengan tinggi badan 54,6 sentimeter, dinyatakan sebagai pria terpendek di dunia. Magar kembali mendapatkan gelarnya usai kematian Dangi di tahun 2015.

    "Dia sangat kecil. Saat lahir, dia berukuran telapak tangan Anda. Saya sulit memandikan anak saya, karena ukuran tubuhnya sangat kecil," ucap sang ayah, Roop Bahadur, menurut keterangan Rekor Dunia Guinness.

    Sebagai pria terpendek di dunia, pria 27 tahun itu telah mengunjungi lebih dari 12 negara dan juga pernah muncul di beberapa televisi di Eropa dan Amerika Serikat.

    "Kami sangat sedih saat mendengar kabar dari Nepal bahwa Khagendra sudah tidak lagi ada bersama kita semua," tutur Craig Glenday, kepala redaksi Rekor Dunia Guinness.

    "Hidup dapat sangat menantang saat bobot tubuh Anda hanya 6 kilogram. Tapi Khagendra tidak membiarkan ukuran tubuhnya yang kecil sebagai penghalang untuk menikmati hidup," sambungnya.

    Otoritas Nepal telah menjadikan Magar sebagai wajah utama pariwisata negara. Nepal menyebutkan Magar sebagai pria terkecil dari negara tempat berdirinya gunung tertinggi dunia.

    Semasa hidupnya, Magar telah bertemu banyak orang di dunia, termasuk wanita terpendek di dunia, Jyoti Amge asal India.

    Dalam video yang dirilis Rekor Dunia Guinness, Magar terlihat bermain gitar bersama saudaranya, bermain sepeda dan juga duduk di toko milik keluarga.

    Saat ini pria terpendek di dunia yang dapat berjalan sendiri adalah Edward "Nino" Hernandez dari Kolombia. Dengan tinggi badan 70,21 sentimeter, ia menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai seorang DJ.

    Sementara pria terpendek di dunia yang tidak dapat berjalan sendiri adalah Junrey Balawing dari Filipina. Menurut Guinness, pria dengan tinggi badan 59,93 itu tidak dapat berdiri atau berjalan tanpa bantuan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id