Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Papua Nugini

    Willy Haryono - 09 Februari 2020 16:07 WIB
    Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Papua Nugini
    Ilustrasi grafik gempa bumi. (Foto: AFP)
    Kokopo: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Papua Nugini, Minggu 9 Februari 2020. Gempa tidak memicu peringatan gelombang tsunami, dan hingga kini juga belum ada laporan korban atau kerusakaan bangunan.

    Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa terjadi pukul 16.00 waktu setempat dengan kedalaman 31 kilometer. Sementara pusat gempa berlokasi sekitar 122 km dari Kokopo, ibu kota dari provinsi New Britain, PNG.

    Seismolog senior Australia, Trevor Allen, mengatakan bahwa masyarakat sekitar pusat gempa merasakan "guncangan yang cukup kuat." Namun, ia mengatakan bahwa area sekitar pusat gempa tidak banyak dihuni warga.

    "Kawasan East New Britain merupakan salah satu area dengan aktivitas seismik teraktif di dunia. Gempa dengan kekuatan seperti ini mungkin terjadi di area tersebut setidaknya satu hingga dua kali per tahun," kata Allen kepada kantor berita AFP.

    Miriam Koikoi, seorang resepsionis di resor wisata Kokopo Beach Bungalow Resort, mengatakan kepada AFP bahwa guncangan akibat gempa "tidak terlalu kuat." Ia juga mengaku tidak melihat adanya kerusakan akibat gempa.

    Papua Nugini berada di Cincin Api atau Ring of Fire, sebuah area dengan aktivitas seismik yang relatif tinggi akibat adanya gesekan antar lempeng tektonik.

    Karena Papua Nugini dipenuhi banyak gunung dan area terpencil, informasi mengenai fenomena alam seperti gempa bumi terkadang baru sampai ke otoritas setempat beberapa hari usai kejadian.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id