Indonesia Harus Pimpin Konsep Indo-Pasifik di ASEAN

    Fajar Nugraha - 28 Agustus 2019 16:25 WIB
    Indonesia Harus Pimpin Konsep Indo-Pasifik di ASEAN
    Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma (kiri) dalam sebuah kuliah umum di CSIS, Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.
    Jakarta: ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AIOP) berasal dari Indonesia. Sangat logis jika Indonesia terus memimpin agar AIOP bisa berjalan dengan semestinya.

    Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma menegaskan bahwa Indo-Pasifik adalah strategi penting bagi Indonesia dan juga ASEAN.

    “AIOP harus dipastikan bukan menjadi penerapan norma. Outlook menyediakan prinsip dan aturan, meskipun juga meliputi rekomendasi dan beberapa wilayah kerja sama,” kata Dubes Rizal Sukma di CSIS, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

    “Norma sangat penting. Saya meyakini bahwa tanpa ada norma, negara-negara akan diperintah oleh pemerintah yang mengutamakan perang untuk semua pihak,” jelasnya.

    “Tetapi kondisi saat ini membuat kita sadar bahwa tidak bisa norma membentuk sebuah negara. Terutama negara besar bersikap ke pihak lain,” tegas Dubes Rizal.

    Di mata Dubes Rizal, Presiden Joko Widodo tengah mencoba untuk menyeimbangkan norma dengan tindakan cepat. Hal tersebut lebih realistis dan menerapkan kebijakan luar negeri yang inisiatifnya berujung pada hasil kepentingan.

    Kebijakan ini mengungkapkan dua tujuan bagi Indonesia. Pertama, penting bagi Indonesia untuk melanjutkan Poros Maritim Dunia secara komprehensif.

    Kedua, penting bagi Indonesia untuk melanjutkan diskusi dalam tubuh ASEAN. Hal ini terutama untuk menyelaraskan kebijakan dan strategi dalam Indo-Pasifik.
     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id