Kunjungi Shenzhen, Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Hilang

    Sonya Michaella - 20 Agustus 2019 12:44 WIB
    Kunjungi Shenzhen, Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Hilang
    Simon Cheng. (Foto: Hong Kong FP)
    Hong Kong: Kedutaan Besar Inggris di Tiongkok mengklaim salah satu staf lokal Konsulat Inggris di Hong Kong ditahan dan belum kembali dari kunjungannya ke Shenzhen sejak 9 Agustus 2019.

    "Kami sedang mencari keterangan terkait anggota dari Konsulat Inggris di Hong kong yang ditahan saat akan kembali ke Hong Kong dari Shenzhen," kata seorang juru bicara dari Kedutaan Besar Inggris di Tiongkok, dikutip dari AFP, Selasa 20 Agustus 2019.

    Ia menambahkan, Kedubes Inggris di Beijing dan Konsulat di Hong Kong kini sedang menyisir keberadaan Simon Cheng terutama di Provinsi Guangdong dan Hong Kong.

    Cheng merupakan staf lokal di Konsulat Inggris di Hong Kong. Ia belum kembali bekerja sejak mengunjungi Shenzhen untuk perjalanan bisnis selama 10 hari. 

    Cheng diketahui adalah warga Hong Kong yang pernah belajar di Taiwan dan Inggris. Tidak jelas apakah ia memegang paspor diplomatik atau dokumen konsulat untuk memasuki Tiongkok.

    Menurut kekasihnya, Cheng sempat mengiriminya pesan sebelum bertolak ke Shenzhen: 'berdoalah untukku'. Ia menaiki Express Rail Link, kereta api berkecepatan tinggi menuju Shenzhen.

    Kekasihnya menduga, ia ditahan di pos pemeriksaan di Kowloon Barat, yang dianggap sebagai wilayah dari Tiongkok. Pasalnya, tidak ada kabar dari Cheng hingga hari ini. 

    Setelah dicek, petugas di kantor pemeriksaan Kowloon Barat mengatakan tidak ada penangkapan atau penahanan pada 8 dan 9 Agustus 2019. 

    Namun, Konsulat Inggris di Hong Kong belum mengeluarkan pernyataan terkait hilangnya Cheng yang bekerja sebagai staf perdagangan dan investasi di konsulat.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id