comscore

Tiga Rahasia Sukses Taiwan yang Bisa Ditiru Indonesia

Usman Kansong - 27 November 2014 11:58 WIB
Tiga Rahasia Sukses Taiwan yang Bisa Ditiru Indonesia
SAM YEH / AFP
medcom.id, Taipei: Taiwan pada 1950-an ialah salah satu negeri termiskin di dunia. Namun, kini negara pulau itu sukses menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. 

"Pendapatan per kapita Taiwan pada 1950 hanya USD200, lebih miskin dari Filipina. Sekarang pendapatan per kapita kami USD20.000," tutur Shien-Queu Kao, Wakil Menteri Badan Perencana Pembangunan Nasional Taiwan.
Kao menyatakan hal itu ketika menerima kunjungan sejumlah pimpinan media dari Indonesia, termasuk Media Indonesia, di Taipei.

Tiga kunci sukses Taiwan ialah reformasi agraria, transformasi dari agraria ke industri padat karya serta pengembangan. industri teknologi komunikasi dan informasi.

"Pada 1950-an, kami mengembangkan pertanian. Kami kemudian bertransforma ke industri padat karya. Sejak 1980-an, kami berkonsentrasi di industri teknologi komunikasi dan informasi," kata Kao.

Kao memberi catatan khusus ihwal pengembangan industri di Taiwan. Negara ini berkonsentrasi pada industri kecil dan menengah. "Industri kecil dan menengah mengurangi kesenjangan pendapatan di negara kami," lanjut dia.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id