Dibangun dalam 10 Hari, RS Baru Wuhan Dibuka Senin Ini

    Arpan Rahman - 03 Februari 2020 12:53 WIB
    Dibangun dalam 10 Hari, RS Baru Wuhan Dibuka Senin Ini
    Foto udara memperlihatkan Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan, Tiongkok, 2 Februari 2020. (Foto: AFP/STR)
    Wuhan: Sebuah rumah sakit baru yang dibangun hanya dalam kurun waktu 10 hari dijadwalkan dibuka di Wuhan, Tiongkok, hari ini, Senin 3 Februari 2020. Pembukaan rumah sakit dengan 1.000 tempat tidur ini dilakukan saat jumlah kematian akibat virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) mencapai 362, dengan total infeksi 17.205.

    Wuhan merupakan sebuah kota di provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus korona nCoV sejak akhir Desember 2019.

    Dilansir dari Sky News, Rumah Sakit Huoshenshan di Wuhan ini dilengkapi sejumlah peralatan medis beserta sistem ventilasi tercanggih. Rumah sakit kedua dengan 1.500 tempat tidur masih dalam proses pembangunan, dan juga dijadwalkan dibuka dalam waktu dekat.

    Pakar epidemi Tiongkok Zhong Nanshan, yang berperan penting dalam penanggulangan wabah SARS pada 2002-2003, mengatakan kepada saluran televisi CCTV bahwa rumah sakit baru dengan tambahan tempat tidur diperlukan dalam menghentikan wabah virus korona.

    Ia menyebut bahwa dengan banyaknya jumlah tempat tidur, maka pasien yang terjangkit korona dapat dirawat di rumah sakit, bukan dipulangkan.

    Sekitar 1.400 staf medis militer akan merawat pasien di Huoshenshan, yang dapat diartikan sebagai "Gunung Dewa Api."

    Virus korona telah menyebar ke sedikitnya 25 negara, dengan total infeksi berkisar 150 orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kematian perdana virus korona di luar Tiongkok, yakni di Filipina, pada Minggu 2 Februari.

    Pasien yang meninggal di Filipina adalah seorang pria berumur 44 tahun asal Tiongkok. Ia diketahui tiba di Filipina setelah sempat mengunjungi Wuhan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id