Indonesia Bisa Terkena Dampak Ekonomi Virus Korona

    Marcheilla Ariesta - 03 Februari 2020 17:12 WIB
    Indonesia Bisa Terkena Dampak Ekonomi Virus Korona
    Petugas berpakaian lengkap di lokasi wabah virus korona di Tiongkok. Foto: AFP
    Jakarta: Virus Novel Coronavirus (nCoV) dapat memengaruhi ekonomi kawasan Asia dan sekitarnya, termasuk Indonesia. Meski demikian, sejauh ini belum terlihat dampaknya pada perekonomian Indonesia.

    "Dampaknya bukan antara hubungan Tiongkok, namun terhadap perekonomian Tiongkok dan kemudian tentunya ke mitra-mitranya yang ada selama ini, baik itu Indonesia maupun Singapura dan lainnya, pasti itu akan berdampak," kata Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto di kantornya, Jakarta, Senin 3 Februari 2020.

    Santo mengatakan ada dua penyebab perekonomian Indonesia bisa terdampak. Pertama, karena Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar indonesia.

    “Dan tentunya Indonesia bagian dari itu karena Tiongkok itu mitra dagang terbesar kita,” ujar Santo.

    Alasan yang kedua, Tiongkok juga merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia. Santo mengatakan Tiongkok investor terbesar nomor tiga.

    “Investor tahun lalu nomor tiga, sekarang mendekati nomor dua terbesar di indonesia. Jadi bagaimanapun juga pasti akan ada dampak dari kondisi yang disenabkan oleh virus korona di Tiongkok,” ujar Santo.

    Meski demikian, saat ini belum terlihat dampaknya ke Indonesia. Namun, menurut Santo, analisis seperti itu harus dilakukan terus menerus.

    "Paling gampang melihat dari stock exchange ya, itu menunjukkan merah semua, baik itu di kawasan maupun dunia," imbuhnya.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani pun sebelumnya mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan penyebaran virus corona membuat perekonomian di Tiongkok terpukul dan berpengaruh pada Indonesia, khususnya di ekspor dan impor.

     
     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id