• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kesempatan Kerja dan Tinggal di Jepang Terbuka Lebar

Gervin Nathaniel Purba - 09 November 2018 11:51 wib
Direktur Bina Pemagangan Kemenaker Asep Gunawan saat mengunjungi
Direktur Bina Pemagangan Kemenaker Asep Gunawan saat mengunjungi PT Isuzu Motor ltd, di Fujisawa, Jepang. (Foto: Dok. Kemenaker)

Fujisawa: Pemerintah Jepang membuka kesempatan besar bagi pekerja asing untuk bekerja dan tinggal di Jepang. Kebijakan ini dilandasi turunnya angka kelahiran dan tingginya jumlah pekerja lokal yang memasuki usia lanjut.

Hal ini juga berdampak terhadap program pemagangan yang diselenggarakan berbagai perusahaan di Jepang. Pemagang yang semula hanya diberikan waktu maksimal tiga tahun, sekarang diizinkan lima tahun. 

"Pemagang yang telah menyelesaikan pemagangan lima tahun dapat melamar kerja sebagai pekerja setelah mereka memiliki kualifikasi bahasa Jepang yang dipersyaratkan (bahasa Jepang level 2/N2) sehingga mereka bisa tetap di Jepang atau dapat kembali ke Indonesia berwirausaha dan membuka lapangan kerja,” kata Direktur Bina Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Asep Gunawan, dikutip siaran persnya, Jumat, 9 November 2018.

"Pemerintah Jepang membutuhkan tenaga kerja asing dan peserta pemagangan dalam jumlah besar pada sektor-sektor tertentu karena defisit jumlah tenaga kerja,” kata Asep.

Peserta magang Indonesia ternyata memiliki sejumlah keunggulan. Assistant Manager Labour Relation Departement PT Isuzu Motor ltd, Pabrik Fujisawa, Sasaki Ryota menyebutkan, peserta magang Indonesia memiliki reputasi absensi yang baik, jarang telat, dan tidak mendadak bolos kerja.

“Pemagang asal Indonesia juga lebih prima, ceria, jujur, dan mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Jepang (sederhana) daripada pemagang asal negara lain,” ujar Sasaki.


(Direktur Bina Pemagangan Kemenaker Asep Gunawan saat kunjungan ke PT Isuzu Motor ltd, di Fujisawa, Jepang. (Foto: Dok. Kemenaker) 

Namun menurutnya, ada yang harus diperbaiki dari pemagang asal Indonesia. Pengetahuan mereka minim mengenai musim di Jepang, seperti teriknya cuaca pada musim panas.

“Peserta magang Indonesia yang berada di sini (Isuzu) ada 60 orang dari total jumlah 120. Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut,” ujarnya.

Pemagang dan insinyur Indonesia banyak bekerja di prefektur Shizuoka, Aichi dan Fukuoka (sektor industri manufaktur khususnya otomotif), lbaraki (pertanian, perkebunan, peternakan), Miyagi, Hokkaido, dan Okinawa (perikanan). 

Pemagang Indonesia yang masih berada di Jepang sekitar 19 ribu orang. Selain dari Indonesia, Jepang mendatangkan pemagang dari Bangladesh, India, Kamboja, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal, Sri Langka, Thailand, Tiongkok, Uzbekistan, dan Vietnam.


(ROS)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.