Kerusuhan Landa Penjara Myanmar, Empat Tahanan Tewas

    Fajar Nugraha - 09 Mei 2019 15:42 WIB
    Kerusuhan Landa Penjara Myanmar, Empat Tahanan Tewas
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Yangon: Polisi di Myanmar menembak mati setidaknya empat tahanan dan melukai beberapa lainnya saat terjadi kerusuhan penjara pada Rabu 8 Mei.

    Kerusuhan pecah di sebuah penjara di kota Shwebo, wilayah Sagaing. Saat itu para tahanan menuntut kesetaraan dalam pengampunan presiden.

    Lebih dari 23.000 tahanan telah dibebaskan dalam tiga pengampunan oleh Presiden Myanmar Win Myint untuk menandai tahun baru tradisional yang dimulai pada 17 April.

    Sebagian besar dari mereka yang dibebaskan menjalani hukuman atas hukuman terkait obat terlarang. Sementara hanya sekitar 30 tahanan politik yang dibebaskan dalam tiga putaran pengampunan presiden.

    Berbicara kepada Anadolu, seorang pejabat dari Kantor Menteri Kepala di Wilayah Sagaing mengkonfirmasi korban, mengatakan polisi melepaskan tembakan untuk membubarkan para tahanan.

    Pejabat senior pemerintah termasuk Ketua Menteri Myint Naing telah bertemu dengan para tahanan pada Kamis atas permintaan mereka.

    "Para tahanan mengeluh bahwa pengampunan presiden baru-baru ini tidak adil karena mereka dilewatkan. Sementara beberapa narapidana yang mendapat hukuman yang sama dengan dakwaan yang sama dibebaskan," kata Naing, seperti dikutip Anadolu, Kamis, 9 Mei 2019.

    Menurut laporan media lokal, kerusuhan serupa juga terjadi di dua penjara lagi karena lebih dari 6.000 napi dibebaskan di bawah ronde ketiga pengampunan presiden pada hari Selasa. Namun, tidak ada korban yang dilaporkan dalam insiden tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id