Korut Sebut Peluang Dialog dengan AS Kian Menipis

    Willy Haryono - 05 November 2019 12:03 WIB
    Korut Sebut Peluang Dialog dengan AS Kian Menipis
    Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un di DMZ, 30 Juni 2019. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
    Pyongyang: Korea Utara mengklaim peluang berlanjutnya dialog isu nuklir dengan Amerika Serikat kian "menipis" dari hari ke hari, Selasa 5 November 2019.

    Dikutip dari AFP, Selasa 5 November 2019, pernyataan disampaikan Pyongyang usai Kementerian Luar Negeri AS menyebutkan kembali dalam laporan tahunannya bahwa Korut adalah negara pendukung terorisme.

    Bulan lalu, Korut memilih mundur dari diskusi isu nuklir dengan AS di Swedia. Kala itu, Korut mengaku kesal karena AS tidak menawarkan solusi "baru dan kreatif" mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

    Negosiasi nuklir AS dan Korut mandek sejak berakhirnya Konferensi Tingkat Tinggi kedua negara di Hanoi pada Februari lalu. Pertemuan ketiga mereka yang berlangsung informal di Zona Demiliterisasi (DMZ) juga tidak membuahkan hasil berarti.

    Usai KTT Hanoi, Korut meminta AS untuk menawarkan pendekatan baru mengenai isu nuklir hingga akhir tahun ini. Selama menanti AS, Korut telah beberapa lagi melakukan uji coba peluncuran misil balistik.

    Pekan kemarin, Korut mengaku telah melakukan uji coba "sejumlah peluncur roket berukuran super besar."

    Jumat pekan lalu, Kemenlu AS merilis sebuah laporan tahunan yang menekankan kembali status Korut sebagai negara pendukung terorisme. Secara spesifik, AS menyebut Korut "terlibat dalam pembunuhan di negara asing."

    Pembunuhan merujuk pada tewasnya Kim Jong-nam, saudara tiri dari pemimpin Korut Kim Jong-un, di Kuala Lumpur pada 2017. 

    Kemenlu Korut menyebut laporan tahunan Kemenlu AS sebagai sebuah "provokasi bermuatan politis." Juru bicara Kemenlu Korut menyebut AS justru adalah "pemimpin dari jaringan terorisme."

    "Peluang dialog antara DPRK dan AS sudah semakin menyempit karena sikap dan posisi mereka," lanjut dia, menggunakan singkatan dari nama resmi Korut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id