Sultan Brunei Kembalikan Gelar Kehormatan dari Universitas Oxford

    Marcheilla Ariesta - 24 Mei 2019 20:00 WIB
    Sultan Brunei Kembalikan Gelar Kehormatan dari Universitas Oxford
    Sultan Brunei Hassanal Bolkiah kembalikan gelar kehormatan dari Oxford University. (Foto: AFP).



    Bandar Seri Begawan: Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah mengembalikan gelar kehormatan dari Universitas Oxford. Universitas terkemuka di Inggris itu mengangkat kekhawatiran mengenai undang-undang anti-LGBT baru yang ketat di negaranya.

    Pada April lalu, hampir 120 ribu orang menandatangani petisi yang menyerukan agar Oxford University membatalkan gelar kehormatan yang diberikan pada Sultan Hassanal Bolkiah pada 1993.

     



    Anggota Parlemen Oxford, Layla Moran, salah satu yang mendesak agar universitas tersebut melucuti gelar kehormatan itu.

    "Saya pikir ke depannya Oxford perlu melakukan tinjauan menyeluruh atas sistem gelar kehormatan mereka. Untuk memastikan skandal seperti ini tidak terjadi lagi," tutur Moran, dilansir dari BBC, Jumat, 24 Mei 2019.

    Pihak Oxford mengatakan sejak akhir April telah berusaha menghubungi Sultan Hassanal Bolkiah. Itu sebagai upaya meninjau ulang pemberian gelar kehormatan tersebut.

    "Sebagai bagian dari proses peninjauan pemberian gelar kehormatan, universitas telah menyurati sultan pada 26 April. Kami meminta pandangannya terkait persoalan UU kontroversial tersebut sebelum 7 Juni," jelas Oxford dalam pernyataan mereka.

    Universitas yang berlokasi di Inggris itu menyatakan bahwa melalui surat tertanggal 6 Mei, Sultan Hassanal Bolkiah memutuskan untuk mengembalikan gelar kehormatan yang diberikan kepadanya.

    UU Anti-LGBT yang dikeluarkan Brunei Darussalam memicu protes internasional. UU tersebut mengatakan pelaku hubungan seks sejenis dan perzinaan akan dihukum dengan rajaman batu hingga tewas.

    Berusaha untuk meredam kecaman terhadapnya, pada awal Mei, Sultan Hassanal Bolkiah mengumumkan akan menangguhkan hukuman mati atas UU kontroversial tersebut.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id