Korban Longsor di Tiongkok Jadi 36 Orang, 15 Hilang - Medcom

    Korban Longsor di Tiongkok Jadi 36 Orang, 15 Hilang

    Willy Haryono - 29 Juli 2019 08:02 WIB
    Korban Longsor di Tiongkok Jadi 36 Orang, 15 Hilang
    Petugas menggunakan sekop dalam mencari korban musibah tanah longsor di Suicheng, provinsi Guizhou, Tiongkok, Minggu 28 Juli 2019. (Foto: AFP)
    Beijing: Jumlah korban tewas musibah tanah longsor di sebuah desa di Tiongkok selatan kembali bertambah, dan kini telah menjadi 36 orang dari laporan awal di kisaran sebelas. 

    Dilansir dari laman BBC, Minggu 28 Juli 2019, media lokal Xinhua melaporkan, 15 orang juga dinyatakan hilang sejak longsor mengubur lebih dari 20 rumah di provinsi Guizhou pada Selasa 23 Juli.

    Xinhua menambahkan bahwa sekitar 40 orang telah berhasil diselamatkan dari dampak longsor di wilayah Shuicheng. Longsor terjadi saat wilayah Tiongkok selatan terus diguyur hujan deras sejak sepekan terakhir.

    Beberapa laporan dari media lokal menyebutkan bahwa seorang ibu dan bayinya serta dua anak-anak termasuk dalam deretan korban tewas. Tayangan dari stasiun televisi CCTV memperlihatkan petugas menggunakan sekop untuk menyelamatkan korban dari gundukan material longsor.

    Sebuah sekolah di dekat lokasi telah dijadikan pusat darurat medis dan penyelamatan bagi para korban.

    Menurut Xinhua, pemerintah Tiongkok telah mengalokasikan dana 30 juta yuan (setara Rp61 miliar) untuk upaya penyelamatan dan relokasi korban.

    Presiden Tiongkok Xi Jinping dikabarkan telah menyerukan penyelidikan terhadap manajemen banjir dan bencana usai longsor di Guizhou.

    Tanah longsor adalah bencana alam yang biasa terjadi di area pegunungan Tiongkok. Longsor biasanya terjadi saat sebuah wilayah diguyur hujan dalam waktu yang relatif lama.

    Bulan lalu, sebuah wilayah di provinsi Fujian di Tiongkok bagian tenggara dilanda musibah tanah longsor.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id