Hujan Bantu Atasi Upaya Pemadaman Api di Australia

    Arpan Rahman - 06 Januari 2020 18:09 WIB
    Hujan Bantu Atasi Upaya Pemadaman Api di Australia
    Petugas pemadam kebakaran Sydney, Australia berupaya padamkan api. Foto: AFP
    New South Wales: Hujan turun di kawasan Australia yang dilanda kebakaran dan suhu turun. Tetapi para pejabat telah memperingatkan bahwa api akan berkobar besar lagi.

    Hujan lebat mengguyur pantai timur, dari Sydney ke Melbourne, dengan hujan ‘deras’ dilaporkan di beberapa bagian New South Wales (NSW).

    Tetapi pada Minggu malam para pejabat memperingatkan suhu akan naik pada Kamis. Mereka juga berkata, kebakaran besar di Victoria dan New South Wales dapat bertemu untuk menciptakan ‘mega api’ yang lebih besar.

    "Tidak ada ruang untuk berpuas diri," kata Menteri Utama negara bagian NSW, Gladys Berejiklian, Senin pagi.

    "Pagi ini semua tentang pemulihan, memastikan orang-orang yang dipindahkan memiliki tempat yang aman," tukasnya, dinukil dari BBC, Senin 6 Januari 2020.

    Meskipun ada kelegaan, polusi kabut asap masih sangat tinggi. Galeri Nasional Australia di Canberra ditutup pada Senin "untuk mengurangi risiko bagi publik, staf, dan karya seni yang dipamerkan". Australia National University di ibu kota juga ditutup.

    Lebih jauh ke selatan, Biro Meteorologi Victoria memperingatkan bahwa jarak pandang di Melbourne kurang dari 1 kilometer di banyak bagian kota dan sekitarnya.

    Akhir pekan disaksikan beberapa hari terburuk dari krisis sejauh ini, dengan ratusan properti hancur. Kota-kota pedesaan dan sejumlah kota besar menunjukkan langit merah, abu jatuh, dan asap yang menyumbat udara.

    Tetapi pada Senin, tidak ada peringatan darurat di negara bagian yang dilanda kebakaran, mengikuti perubahan cuaca.

    Negara bagian Victoria memiliki 25 peringatan "perhatikan dan bertindak" dan Australia Selatan memiliki satu peringatan "awasi dan bertindak".

    Di NSW, semua kebakaran kembali pada tingkat "saran", tingkat siaga terendah, kata Komisaris Layanan Pemadam Kebakaran Pedesaan Shane Fitzsimmons.

    Namun, Komisaris Manajemen Darurat Victoria Andrew Crisp memperingatkan "suasana akan memanas" dan api "akan berkobar lagi".

    Pada Senin pagi, hanya berjarak sekitar 10 kilometer antara api di Victoria Corryong dan dua terbakar di Taman Nasional Kosciuszko di NSW.

    "Ini akan menjadi situasi yang berubah dan dinamis," katanya, memperingatkan bahwa "tidak terhindarkan" api akan bergabung melintasi perbatasan.

    Sementara itu, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan lebih dari 100.000 dolar Australia atau setara Rp962 juta akan dikucurkan untuk bantuan bencana. Sementara 2 miliar dolar Australia atau setara Rp19,3 triliun akan menjadi komitmen untuk pemulihan selama dua tahun ke depan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id