Virus Korona Terdeteksi, Thailand Waspada Penyebaran Wabah

    Fajar Nugraha - 24 Januari 2020 10:24 WIB
    Virus Korona Terdeteksi, Thailand Waspada Penyebaran Wabah
    Penyebaran virus korona sudah mencapai Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan dan Singapura. Foto: AFP
    Bangkok: Thailand telah mengambil langkah-langkah tingkat tinggi untuk memantau dan mencegah penyebaran virus korona. Langkah tegas tersebut diambil setelah otoritas kesehatan masyarakat Tiongkok mengonfirmasi bahwa virus itu dapat menyebar dari manusia ke manusia.

    Sekretaris Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand, Sukhum Kanchanapimai, keputusan Tiongkok untuk mengisolir kota yang menjadi pusat wabah akan menguntungkan Negeri Gajah Putih.

    “Namun, meskipun Tiongkok telah mengunci Wuhan dan Huanggang, masih perlu untuk memantau wisatawan yang sudah datang,” kata Dr Sukhum, seperti dikutip Bangkok Post, Jumat, 24 Januari 2020.

    Sejauh ini, Thailand telah mengonfirmasi empat kasus virus korona yang telah merenggut 25 nyawa. Salah satu pasien dengan virus itu adalah seorang wanita Thailand berusia 73 tahun yang sekarang dirawat di Rumah Sakit Nakhon Pathom di Nakhon Pathom.

    Wanita itu jatuh sakit setelah kembali dari kota Wuhan di Tiongkok akhir tahun lalu. Kini tercatat ada empat kasus infeksi virus Korona yang dilaporkan ditemukan di Thailand, tiga wisatawan Tiongkok dan satu Thailand.

    Turis Tiongkok kedua yang ditemukan terinfeksi telah sepenuhnya sembuh dan telah kembali ke rumah.  Direktur Departemen Pengendalian Penyakit Dr Sophon Iamsirithavorn, mengatakan perempuan Tiongkok berusia 74 tahun itu tiba di Thailand dari Wuhan pada 13 Januari. Dia dikarantina pada saat kedatangan karena demam dan tes memastikan dia membawa virus 2019-nCoV.

    “Dia dirawat di Institut Penyakit Menular Bamrasnaradura di provinsi Nonthaburi. Sejak itu dia dinyatakan bebas dari infeksi dan telah kembali ke Tiongkok pada  Selasa,” ucap Dr Sophon.

    Kementerian Kesehatan Masyarakat telah berusaha untuk tetap meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan penyakit baru, infeksi pernafasan virus yang mirip dengan SARS. Mereka menjamin langkah-langkah yang ada untuk mencegah penyebaran virus.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id