Ribuan Warga Jepang Nantikan Parade Kaisar Naruhito

    Willy Haryono - 10 November 2019 12:14 WIB
    Ribuan Warga Jepang Nantikan Parade Kaisar Naruhito
    Warga menanti parade Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Tokyo, Jepang, Minggu 10 November 2019. (Foto: AFP/KAZUHIRO NOGI)
    Tokyo: Prosesi untuk merayakan penobatan Kaisar Naruhito diyakini akan dihadiri ribuan orang di jantung kota Tokyo, Minggu 10 November 2019 petang waktu setempat. Perayaan akan digelar dalam format parade selama 30 menit.

    Nantinya, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan berparade dengan menggunakan mobil limosin. Parade ini awalnya hendak digelar pada Oktober lalu, namun ditunda karena Jepang dilanda Topan Hagibis.

    Dilansir dari Nikkei Asian Review, rute parade sejauh 4,6 kilometer dimulai dari Istana Kekaisaran menuju Akasaka Estate. Di tengah perjalanan, sang kaisar dan permaisuri akan melewati gedung parlemen Jepang.

    Iring-iringan kaisar akan dipimpin sebuah mobil limosin hitam Century buatan Toyota Motor. Sejumlah mobil lainnya, termasuk yang membawa Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako serta Perdana Menteri Shinzo Abe, akan mengikuti di belakang.

    Sekitar 117 ribu orang menghadiri parade penobatan Akihito sebagai kaisar di tahun 1990. Turunnya Akihito dan dilanjutkan dengan Naruhito menandai awal era baru, Reiwa.

    Mobil Rolls-Royce yang membawa Akihito dalam parade tahun 1990 telah berhenti beroperasi pada 2007.

    Pemerintah Jepang sengaja menghadirkan mobil limosin terbaru tipe Century. Mobil ini nantinya akan dipajang di Tokyo dan Kyoto, dan juga dijadwalkan dipakai dalam parade Olimpiade Musim Panas 2020.

    Penobatan Naruhito dimulai dengan presentasi sejumlah harta karun kekaisaran pada Mei lalu. Setelah itu, Kaisar Naruhito melakukan konferensi pers pertamanya.

    Sebuah seremoni yang memproklamirkan penobatannya digelar pada Oktober, dan juga acara makan malam kekaisaran yang dihadiri banyak pemimpin global.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id