Dubes AS: NU Contoh Islam Moderat di Indonesia

    Sonya Michaella - 21 Oktober 2019 17:10 WIB
    Dubes AS: NU Contoh Islam Moderat di Indonesia
    Pertemuan antara Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan dan Ketua PBNU Said Aqil Siroj. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
    Jakarta: Memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme menjadi topik utama yang dibahas dalam pertemuan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph Donovan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj. 

    Donovan menyebut NU merupakan contoh Islam moderat di Indonesia yang patut ditiru di tengah berkembangnya aksi-aksi intoleran dan radikal yang mengatasnamakan agam Islam. 

    “AS memuji dan mengapresiasi nilai-nilai yang ada di NU di mana NU merupakan contoh Islam moderat di Indonesia,” kata Donovan di kantor PBNU, Jakarta, Senin 21 Oktober 2019.

    Donovan menambahkan, nilai-nilai NU ini juga patut dicontoh Muslim di seluruh dunia, terutama di AS. Selain itu, AS dan NU juga akan meningkatkan kerja sama pertukaran dosen dan pengajar di bidang kajian Islam. 

    Menanggapi pernyataan ini, Kyai Said menegaskan bahwa NU berbeda dengan organisasi yang lain. NU merupakan organisasi Islam yang moderat yang jauh dari kata radikal. 

    “Di pertemuan ini, saya menyampaikan kepada Pak Dubes bahwa kita ini sangat jauh dari aksi radikal.  AS harus bisa membedakan mana yang radikal dan mana yang tidak,” ucap Kyai Said.

    Kyai Said menegaskan, NU mewarisi Islam moderat dan Islam ala Gus Dur. “Saya harap Amerika bisa membedakan dan tidak menyamaratakan bahwa Islam itu radikal dan teroris,” tutur dia.

    Donovan dan Kyai Said juga membahas terkait berbagai isu kerja sama antara lain di bidang kesehatan, pendidikan, dan memerangi ekstremisme dan kekerasan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id