Tiongkok Kecam Pernyataan Menhan Interim AS Soal Taiwan

    Willy Haryono - 02 Juni 2019 12:15 WIB
    Tiongkok Kecam Pernyataan Menhan Interim AS Soal Taiwan
    Menhan interim AS Patrick Shanahan di Singapura. (Foto: AFP)
    Singapura: Tiongkok mengecam pernyataan Amerika Serikat terkait Taiwan, yang disampaikan Menteri pertahanan interim Patrick Shanahan dalam konferensi pertahanan bertajuan Shangri-La Dialogue di Singapura pada Sabtu 1 Juni.

    Kecaman disampaikan Letnan Jenderal Shao Yuanming, yang juga menghadiri Shangri-La Dialogue di Singapura. Ia mengaku menyambut baik keinginan AS untuk mengembangkan hubungan stabil dalam bidang militer dengan Tiongkok.

    Namun Shao "menolak keras" sejumlah "pernyataan menyesatkan" mengenai Taiwan yang telah disampaikan Shanahan.

    Dilansir dari laman Xinhua, Minggu 2 Juni 2019, Shao menegaskan bahwa Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari Tiongkok sejak dahulu kala. Ia juga menekankan bahwa kebijakan "Satu Tiongkok" terkait Taiwan adalah basis dari hubungan baik antara Tiongkok dengan AS.

    Namun dalam dialog di Singapura, Shao menyesalkan ucapan Shanahan yang akan menawarkan dukungan apapun kepada Taiwan berdasarkan undang-undang bernama "Taiwan Relations Act."

    "Rangkaian aksi negatif dan komentar dari kubu AS terkait isu Taiwan telah melanggar prinsip Satu Tiongkok dan tiga komunike antar kedua negara," tutur Shao.

    "Hal tersebut telah merusak kedaulatan dan keamanan Tiongkok, serta merusak perdamaian serta stabilitas kawasan," sambung dia.

    Shao menegaskan Tiongkok pada akhirnya akan melakukan unifikasi Taiwan. "Siapapun yang ingin memisahkan Taiwan dari Tiongkok, maka militer kami akan menjaga kesatuan wilayah dengan segala cara," ungkap Shao.

    Dikenal secara resmi dengan nama Konferensi Keamanan Asia, Shangri-La Dialogue adalah pertemuan tahunan menteri pertahanan dari kawasan Asia, Eropa dan Amerika Utara.

    Baca: Khawatir Invasi Tiongkok, Taiwan Gelar Latihan Militer



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id