Indonesia Perisai Hukum Internasional untuk Kemerdekaan Palestina

    Sonya Michaella - 03 Oktober 2019 13:56 WIB
    Indonesia Perisai Hukum Internasional untuk Kemerdekaan Palestina
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di DK PBB. Foto: Dok.Kemenlu RI
    Jakarta: Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menjadikan Indonesia memiliki banyak keuntungan dan kesempatan untuk mewujudkan norma hukum internasional.

    Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri RI Damos Agusman mengungkapkan posisi Indonesia ini sangat dapat membantu perjuangan Palestina.

    “Posisi Indonesia di Anggota Tidak Tetap DK PBB ini menjadi sangat relevan dalam upaya penegakan hukum internasional di isu-isu strategis, misalnya isu Palestina,” kata Damos di Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

    Menurut Damos, Indonesia memiliki ‘perisai’ internasional dalam konteks hukum untuk membantu pengakuan Palestina menjadi negara berdaulat. 

    Tiga poin penting Indonesia untuk Palestina juga sudah disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi ketika Indonesia menjadi presiden DK PBB, Mei lalu.

    Tiga poin tersebut adalah pentingnya memberikan perlindungan bagi penduduk sipil Palestina, langkah konkret yang harus segera diambil untuk mengatasi situasi kemanusiaan di Palestina dan proses perdamaian harus dimulai kembali.

    Laporan komisi independen awal tahun ini, menekankan banyaknya pelanggaran HAM oleh negara penduduk, termasuk kekerasan terhadap media dan pekerja kesehatan di Palestina," ujar Retno.

    Selain itu, dia menegaskan upaya untuk memperbaiki situasi ekonomi dan sosial masyarakat Palestina menjadi penting. Indonesia jelas menghargai berbagai program UNWRA dalam memperbaiki situasi kemanusiaan rakyat Palestina dan kesiapan Indonesia untuk terus mendukung.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id