Australia Bagi-bagi Wortel untuk Hewan Korban Kebakaran

    Marcheilla Ariesta - 13 Januari 2020 20:07 WIB
    Australia Bagi-bagi Wortel untuk Hewan Korban Kebakaran
    Hewan-hewan seperti kanguru, koala, wallaby turut menjadi korban dalam kebakaran hutan Australia. Foto: AFP
    New South Wales: Pemerintah New South Wales melakukan misi Operation Rock Wallaby. Misi ini berupa pemberian makanan kepada hewan-hewan kelaparan yang menjadi korban kebakaran hutan.

    Menteri Energi dan Lingkungan Matt Kean mengatakan, mereka telah menjatuhkan lebih dari 1.000 kilogram kentang dan wortel di berbagai wilayah dalam sepekan terakhir.

    "Penyediaan makanan tambahan adalah salah satu strategi utama yang kami gunakan untuk mempromosikan kelangsungan hidup dan pemulihan spesies yang terancam punah, seperti Wallaby (sejenis Kanguru)," kata Kean, dilansir dari CNN, Senin 13 Januari 2020.

    "Penilaian kebakaran awal menunjukkan hunian para hewan-hewan ini terbakar dalam kebakaran hutan. Para hewan ini selamat dari kebakaran, tapi kemudian mereka terlantar karena kurangnya pasokan makanan alami karena kebakaran," imbuhnya.

    Menurut Kean, ini adalah bantuan paling luas yang mereka lakukan untuk membantu Wallaby Batu. Wallaby ini sejenis Kanguru yang hidup di tebing berbatu. Dari 15 spesies di Australia, sebagian besar Wallaby mulai menghilang.

    Bahkan, menurut situs Kementerian Lingkungan dan Energi Australia, hewan ini terancam punah. Bahkan, mereka juga langka di New South Wales.

    Bagian selatan Australia terbakar dalam kebakaran yang terjadi berbulan-bulan. Hampir setengah miliar hewan terkena dampak dari kebakaran di New South Wales saja, bahkan banyak yang mati.

    Khusus untuk Wallaby, pemerintah New South Wales berencana menyediakan pasokan makanan tambahan sampai sumber makanan alami dan air kembali ada di daerah yang terkena dampak.

    "Ketika kami bisa (menembus kebakaran), kami akan memasang kamera untuk memantau penyerapan makanan dan jumlah serta variasi hewan di sana," pungkas Kean.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id