Australia Ucapkan Selamat atas Kesuksesan Pemilu di Indonesia

    Willy Haryono - 20 April 2019 13:28 WIB
    Australia Ucapkan Selamat atas Kesuksesan Pemilu di Indonesia
    Menlu Australia Marise Payne. (Foto: AFP)
    Canberra: Australia melalui Menteri Luar Negeri Marise Payne mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan pemilihan umum serentak di Indonesia pada 17 April. Pemilu 2019 di Indonesia adalah yang terbesar di dunia dalam kategori waktu penyelenggaraan, yakni diselenggarakan serentak dalam satu hari.

    "Selamat kepada Indonesia atas berlangsungnya pemilu historis dalam memilih presiden dan anggota legislatif," ujar Menlu Payne, dalam keterangan di akun Twitter, Jumat 19 April 2019.

    "Kami ingin melanjutkan hubungan dengan Indonesia dan memperkuat kemitraan strategis secara komprehensif," ungkapnya.

    Ucapan serupa telah disampaikan sejumlah negara dan organisasi global kepada Indonesia. Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Yousef Al-Othaimeen mengucapkan selamat atas pemilu yang aman dan damai di Indonesia.

    “Selamat kepada rakyat dan pemerintah Indonesia yang telah melakukan pemilu yang aman dan sukses. Indonesia telah menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawab dari rakyatnya melalui pemilu ini,” ujar Sekjen Al-Othaimeen.

    Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom mengucapkan selamat atas suksesnya pemilihan umum serentak di Indonesia. Dia berharap hasil pemilu dapat memperkuat persatuan Indonesia.
     
    "Saya ingin mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia karena telah berhasil menyelenggarakan pemilihan langsung terbesar di dunia dalam satu hari," kata dia 

    Amerika Serikat juga mengucapkan selamat, dengan menggarisbawahi kekuatan dan dinamika demokrasi Indonesia. "AS dan Indonesia adalah dua negara demokrasi besar, beragam dan bersemangat untuk nilai-nilai kebersamaan dan kepentingan bersama yang berfungsi sebagai dasar dari Kemitraan Strategis bilateral kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus.

    Sementara Kanada memuji tingkat keikutsertaan dalam pemilu Indonesia kali ini, yang jumlahnya meningkat dari pemilihan sebelumnya. "Selamat untuk Indonesia! Tingkat partisipasi pemilih Anda hari ini diperkirakan lebih dari 75 persen dari lima tahun lalu," ucap Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur.

    Baca: Negara Asing Nilai Indonesia Sukses Gelar Pemilu Serentak



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id