Singapura Tingkatkan Level Siaga Virus Korona

    Willy Haryono - 08 Februari 2020 10:00 WIB
    Singapura Tingkatkan Level Siaga Virus Korona
    Pegawai swasta mengenakan masker saat jam makan siang di Singapura, 5 Februari 2020. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)
    Singapura: Singapura meningkatkan kesiagaan merespons virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) ke level oranye pada Jumat 7 Februari 2020. Peningkatan dilakukan saat virus korona varian terbaru itu terus menyebar ke seantero negeri.

    Empat orang di Singapura bahkan terjangkit virus korona walau mereka tidak pernah bepergian ke Tiongkok dalam beberapa pekan terakhir. Salah satu dari mereka adalah seorang warga negara Indonesia yang bekerja sebagai asisten rumah tangga.

    "Fokus saat ini secara agresif adalah menghentikan atau membatasi penyebaran lebih lanjut," ucap pernyataan Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam keterangan di situs resminya. 

    Level siaga Oranye yang diterapkan Singapura ini satu tingkat di bawah level tertinggi, yakni Merah. "Kami telah mempersiapkan skenario saat ini, dan kami siap menangani situasi terkini," tegas Menkes Singapura Gan Kim Yong dalam sebuah konferensi pers.

    "Kuncinya adalah deteksi dini dan membatasi penyebaran lebih lanjut," lanjut dia.

    Total pasien virus korona di Singapura mencapai 33. Dua pasien telah dinyatakan sembuh, namun dua masih dalam kondisi kritis dan sedang dirawat intensif. 

    Di bawah level siaga Oranye, sejumlah langkah diterapkan untuk meminimalisasi penyebaran virus. Salah satu langkah antisipasi adalah membatalkan semua acara sekolah dan kegiatan di luar ruangan hingga akhir Maret.

    Pemerintah Singapura telah meningkatkan langkah antisipasi virus korona nCoV sejak Januari. Gan menyebut berbagai langkah antisipasi di level Oranye sudah diterapkan sejak bulan lalu dan saat ini hanya perlu ditingkatkan.

    Data terbaru per Sabtu ini mencatat angka kematian akibat virus korona nCoV mencapai 717 orang. Sementara total infeksi di seantero Tiongkok telah melampaui 34 ribu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id