Empat Polisi Afghanistan Tewas Terkena Bom Taliban

    Willy Haryono - 27 Juli 2019 15:07 WIB
    Empat Polisi Afghanistan Tewas Terkena Bom Taliban
    Sebuah mobil polisi yang hancur terkena bom bunuh diri di Ghazni, Afghanistan, 16 Agustus 2018. (Foto: AFP)
    Ghazni: Sedikitnya empat polisi tewas dan 20 lainnya terluka dalam sebuah bom mobil di provinsi Ghazni, Afghanistan timur, Sabtu 27 Juli 2019.

    Menurut laporan dari kantor berita TOLOnews, mengutip keterangan Kepala Kepolisian Ghazni Khalid Wardak, seorang militan mengendarai mobil berisi bahan peledak ke distrik Ab Band di Ghazni. 

    Mobil itu kemudian diledakkan pelaku di dekat gerbang sebuah bangunan sekitar pukul 04.30 subuh waktu setempat. Kelompok militan Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri itu.

    Gelombang aksi kekerasan dan teror terus melanda Afghanistan meski dialog damai tengah berlangsung antara Taliban dan Amerika Serikat. Taliban berkukuh tidak mau bernegosiasi langsung dengan pemerintah pusat hingga tanggal penarikan pasukan asing dari Afghanistan ditetapkan.

    Saat ini, Taliban dan sejumlah faksi militan lainnya masih menguasai banyak wilayah di Afghanistan. Talian terus melancarkan gelombang serangan, terutama terhadap aparat keamanan.

    Jumat pekan kemarin, delapan orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam ledakan bom di dekat sebuah universitas besar di Kabul. Taliban membantah terlibat dalam ledakan tersebut.

    Satu pekan sebelumnya, grup ekstremis Islamic State (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri pada upacara pernikahan di Provinsi Nangarhar.
     
    Mengenai penarikan pasukan asing dari Afghanistan, AS di bawah Presiden Donald Trump telah beberapa kali mengungkapkan wacana menarik mundur seluruh personel militer. Namun Afghanistan khawatir jika pasukan AS menarik diri, maka Taliban dapat kembali berkuasa sepenuhnya.

    Untuk itu, AS ingin terlebih dahulu mencapai kesepakatan politik dengan Taliban, sebelum nantinya menarik diri dan mengakhiri perang di Afghanistan yang telah berlangsung sekitar 18 tahun.

    Baca: Bantu Akhiri Perang Afghanistan, Pakistan akan Temui Taliban



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id