Indonesia Perlu Atur Strategi Hadapi Perang Dingin Baru

    Marcheilla Ariesta - 29 November 2019 10:00 WIB
    Indonesia Perlu Atur Strategi Hadapi Perang Dingin Baru
    Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal memperingatkan mengenai perang dingin baru. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Perang dagang antara dua negara adidaya, Amerika Serikat dan Tiongkok membuat dunia ikut bergejolak. Tak hanya di faktor ekonomi, namun juga politik bahkan hubungan antarmasyarakat.

    Sebagai negara berkembang, Indonesia perlu bertahan dari perang besar tersebut. Karenanya, untuk mengetahui kebijakan luar negeri yang dipakai Indonesia dalam menghadapi perang dagang, maka Foreign Policy Community Indonesia (FPCI), mengadakan kembali Conference of Indonesia Foreign Policy (CIFP) yang merupakan konferensi politik luar negeri Indonesia terbesar di dunia.

    Kegiatan yang sudah lima kali digelar ini mengangkat tema 'Hot Peace'. Dino Patti Djalal, selaku pendiri FPCI mengatakan tema tersebut diangkat karena relevan dengan situasi dunia saat ini.

    "Kita mengangkat tema Hot Peace. Mengapa? Karena orang-orang menyebut ini the new cold war, tapi menurut kita ini hot peace. Bukan perang dingin lagi," kata Dino kepada Medcom.id, Kamis, 28 November 2019.

    Menurut dia, saat ini situasi sudah 'damai', tapi masih dihantui rivalitas. Kegiatan CIFP ini menyorot peran Indonesia menghadapi hot peace itu.

    Berbagai tokoh terkemuka hadir dalam kegiatan ini, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Menlu Mahendra Siregar, Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto. Bahkan, beberapa tokoh dunia seperti penerima nobel Jose Ramos Horta, juga mantan Menlu Australia Stephen Smith juga hadir dalam kegiatan ini.

    Para akademisi, pakar, dan think tank juga akan menjadi pembicara dalam kegiatan ini. Menurut Dino, sudah lebih dari 10 ribu orang mendaftar kegiatan CIFP tersebut.

    CIFP 2019 akan diselenggarakan di The Hall Kota Kasablanka, Jakarta pada Sabtu 30 November 2019. Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan terbuka untuk publik.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id