Sampaikan Itikad Baik, RI Surati Uni Eropa Terkait Sawit

    Marcheilla Ariesta - 12 November 2019 19:49 WIB
    Sampaikan Itikad Baik, RI Surati Uni Eropa Terkait Sawit
    Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar di gedung DPR RI. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
    Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar membenarkan secara tersirat dirinya memberi surat kepada Uni Eropa terkait sawit. Menurut dia, surat tersebut menunjukkan itikad baik Indonesia untuk berunding.

    "Memang kami sedang menyampaikan pesan kepada Uni Eropa agar dalam perundingan itu, berbasis pada good fate atau niat baik," kata Mahendra di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

    Dia mengatakan bahwa sawit tidak berbeda, dari segi keberlanjutan secara lingkungan maupun ukuran lain dibandingkan minyak nabati lain. Namun, imbuhnya, keputusan politik Uni Eropa malah mendiskriminasikan sawit.

    Padahal, Indonesia dan Uni Eropa melakukan perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

    "Menimbulkan pertanyaan mendesak bagi kita, ini sebetulnya dilakukan dengan itikad baik atau apa, analisis evaluasi perhitungan yang mereka (Uni Eropa) lakukan sendiri oleh bidang yang mereka tugaskan dan percayai malah tidak diperhatikan saat berunding dengan kita," imbuhnya.

    Mahendra mengatakan dia menyurati Uni Eropa terkait analisis dan evaluasi mereka mengenai sawit. "Jangan sampai hal strategis bagi Indonesia dan Eropa malah menjadi masalah karena mereka tidak baik," pungkasnya.

    Indonesia dan Uni Eropa beberapa tahun terakhir berseteru mengenai kelapa sawit. Uni Eropa menganggap kelapa sawit Indonesia merusak lingkungan, yang menyebabkan kebakaran hutan.

    Namun, menurut Indonesia, kelapa sawit membantu perekonomian Indonesia. Bahkan mampu mengurangi angka kemiskinan para petani sawit.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id