Tiongkok dan Korut Deklarasikan Persahabatan Abadi

    Willy Haryono - 06 Oktober 2019 11:53 WIB
    Tiongkok dan Korut Deklarasikan Persahabatan Abadi
    Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjalan bersama Kim Jong-un di Pyongyang, 21 Juni 2019. (Foto: KCNA VIA KNS)
    Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji akan terus mendorong hubungan "jangka panjang dan stabil" dengan Korea Utara. Pernyataan disampaikan Xi saat kedua negara merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

    Pemimpin Korut Kim Jong-un juga menyampaikan pesan senada kepada Xi. "Persahabatan tak terkalahkan kita akan selalu abadi dalam jalan mewujudkan cita-cita sosialisme," tutur Kim, yang dimuat di kantor berita KCNA, Minggu 6 Oktober 2019.

    Korut adalah salah satu negara yang mengakui status Republik Rakyat Tiongkok (RRT) saat didirikan di tahun 1949.

    Xi menyebut hubungan antar sejumlah tetangga di Asia memainkan "peran penting dan positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional." 

    Sejak Maret 2018, Xi dan Kim telah lima kali bertemu. Xi adalah pemimpin pertama Tiongkok yang mengunjungi Korut dalam 14 tahun terakhir. Ia berkunjung ke Pyongyang pada Juni lalu.

    Kim mengatakan kedua negara akan "membela sosialisme dan menjaga perdamaian serta stabilitas di Semenanjung Korea dan juga dunia."

    Pernyataan hangat Beijing kepada Pyongyang disampaikan usai Tiongkok menggelar parade militer masif pada Selasa 1 Oktober lalu. Parade digelar dalam memperingati hari ulang tahun Partai Komunis Tiongkok.

    Pertukaran kata-kata hangat antar Xi dan Kim juga berlangsung satu hari usai Korut menggelar pertemuan lanjutan dengan Amerika Serikat di Swedia terkait isu nuklir.

    Utusan Khusus Korut untuk AS Kim Myong-gil menyebut pertemuan di Stockholm berakhir gagal karena AS tidak menawarkan sesuatu yang baru. Sementara AS membantahnya, dan mengaku telah menawarkan sejumlah ide kreatif kepada Korut.

    Diskusi di Stockholm merupakan harapan di tengah mandeknya negosiasi nuklir antara AS dan Korut. Negosiasi tersendat meski Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah tiga kali bertemu -- dua Konferensi Tingkat Tinggi dan satu pertemuan informal di Zona Demiliterisasi (DMZ).
     
    Lokasi pertemuan digelar di sebuah pulau yang dijaga ketat di lepas pantai Stockholm. Pulau tersebut berjarak hanya beberapa ratus meter dari Kedutaan Besar Korut di Swedia.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id