18 Warga Korsel Dirawat Usai Dievakuasi dari Wuhan

    Fajar Nugraha - 31 Januari 2020 14:54 WIB
    18 Warga Korsel Dirawat Usai Dievakuasi dari Wuhan
    Polisi kawal warga Korea Selatan yang baru dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. Foto: AFP
    Seoul: Sebanyak 18 pengungsi Korea Selatan (Korsel) yang tiba dari Wuhan di Tiongkok dirawat di rumah sakit setelah menunjukkan gejala virus korona. Otoritas kesehatan Seoul khawatir wabah ini bisa meluas.

    Sebuah pesawat sewaan pada Jumat 31 Januari tiba di Seoul dengan membawa total 368 warga Korea Selatan dari Wuhan. Kota Wuhan merupakan tempat virus itu diyakini pertama kali muncul dari pasar hewan dan makanan laut.

    “Di antara mereka, 18 pengungsi yang menunjukkan gejala telah dirawat di rumah sakit di dua fasilitas medis di Seoul,” kata Wakil Menteri Kesehatan Korsel Kim Gang-lip, seperti dikutip AFP, Jumat, 31 Januari 2020.

    "350 orang, yang tidak menunjukkan gejala akan tinggal di fasilitas sementara yang berlokasi di luar Seoul selama dua minggu ke depan,” ia menambahkan.

    "Selama 14 hari, warga tidak akan diizinkan meninggalkan fasilitas dan setiap kunjungan dari luar akan dilarang sepenuhnya,” imbuhnya.

    Pengumuman ini muncul di tengah kekhawatiran yang berkembang di Korea Selatan tentang penyebaran virus di negara itu. Sejak Jumat, 11 kasus virus korona telah diidentifikasi.

    Di antara kasus-kasus itu adalah tiga orang yang tertular virus itu tanpa bepergian ke Tiongkok. Salah satunya adalah seorang pria berusia 50-an yang mengalami gejala setelah makan dengan pasien dikonfirmasi terinfeksi virus korona.

    Penerbangan kedua Korea Selatan dijadwalkan berangkat ke Wuhan untuk mengungsikan sekitar 300 warga Korea lainnya dalam beberapa hari mendatang.

    Keputusan pemerintah Seoul untuk mengkarantina para pengungsi di Jincheon dan Asan,-dua kota yang terletak sekitar 85 kilometer selatan Seoul,- ditentang keras dari penduduk setempat.

    Virus korona tipe terbaru, Novel Coronavirus (nCoV) telah menelan 213 korban jiwa di Tiongkok. Sementara, jumlah korban terinfeksi berjumlah lebih dari 9.776 orang, termasuk yang terjangkit di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, hingga Australia.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id