Jumlah Kota yang Diisolasi di Tiongkok Terus Bertambah

    Willy Haryono - 05 Februari 2020 13:38 WIB
    Jumlah Kota yang Diisolasi di Tiongkok Terus Bertambah
    warga mengantre membeli masker di Hangzhou, Tiongkok, 23 Januari 2020. (Foto: AFP/STR)
    Beijing: Jutaan orang dari sejumlah kota di Tiongkok diminta tetap berada di dalam rumah di tengah mewabahnya virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV), Rabu 5 Februari 2020. Hari ini, jumlah korban tewas virus korona nCoV sudah mendekati 500 jiwa.

    Dengan lebih dari 24 ribu kasus terkonfirmasi virus korona di Tiongkok, jumlah kota yang diisolasi di negara tersebut juga bertambah dalam beberapa hari terakhir.

    Wuhan menjadi yang pertama ditutup total sejak 23 Januari, karena kota di provinsi Hubei tersebut merupakan pusat penyebaran virus korona nCoV. Kini, beberapa kota lainnya -- bahkan yang jauh dari Wuhan -- juga diisolasi.

    Di Hangzhou, sekitar 175 kilometer dari Shanghai, pagar hijau memblokade sejumlah ruas jalan di dekat perusahaan teknologi Alibaba. Sejumlah pesawat jet tempur berlalu-lalang di langit Hangzhou selama masa penutupan ini.

    Dilansir dari AFP, sedikitnya tiga kota di provinsi Zhejiang -- Taizhou, Wenzhou dan beberapa bagian Ningbo -- juga ditutup total. Penutupan tersebut berimbas pada sekitar 18 juta warga.

    Isolasi juga diterapkan di dua kota di Heilongjiang, provinsi paling ujung di bagian timur laut. Di provinsi Henan, sebuah distrik di kota Zhumadian menerapkan aturan bahwa hanya satu orang dari masing-masing keluarga yang boleh keluar rumah setiap lima hari sekali.

    Sementara itu, sejumlah negara beramai-ramai mengevakuasi warga mereka dari provinsi Hubei. Senin kemarin, Lebih dari 200 warga Australia dievakuasi dari Wuhan dan bertolak pulang dalam penerbangan pesawat maskapai Qantas.
     
    Jepang, Amerika Serikat, Jerman hingga Indonesia pun telah mengevakuasi warga masing-masing dari Hubei.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id