Etnis Uighur Cemas Wabah Virus Korona di Xinjiang

    Marcheilla Ariesta - 13 Februari 2020 21:00 WIB
    Etnis Uighur Cemas Wabah Virus Korona di Xinjiang
    Anak-anak Uighur di Xinjiang. (Foto: AFP).
    Xinjiang: Etnis Uighur di Tiongkok khawatir tertular virus korona Covid-19. Terlebih saat ini banyak dari mereka berada di kamp pelatihan yang dibangun pemerintah Xinjiang.

    "Warga setempat sudah mulai panik. Keluarga kami yang ada di sana berurusan dengan kamp (pelatihan) dan virus. Kami tidak tahu apakah mereka punya cukup makanan dan masker," ujar seorang ahli sosiologi etnis Uighur di Prancis, Dilnur Reyhan, dilansir dari AFP, Kamis 13 Februari 2020.

    Hingga saat ini, dilaporkan ada 55 orang yang terinfeksi virus korona di Xinjiang. Seorang dari mereka dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumah.

    Meski demikian, banyak yang khawatir virus ini bisa menyebar dalam kamp pelatihan tersebut. Pasalnya virus bisa menular dari orang ke orang lewat bersin dan batuk.

    Ketua Kongres Uighur Dunia (WUC) Dolkun Isa mengatakan sangat prihatin dengan kondisi di sana. Virus, menurut dia, dapat menyebar cepat di kawasan itu jika pemerintah tak segera mengambil langkah pencegahan yang tepat.

    "Masyarakat Uighur ini sangat rentan dan lemah. (Virus) ini hanya menambah penderitaan etnis Uighur karena teman dan keluarga kami dalam bahaya besar," sery Dolkun.

    Xinjiang bukan wilayah pusat penyebaran virus korona, namun ada 55 kasus virus yang tercatat di daerah ini. Berdasarkan data di situs Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok per hari ini, Kamis 13 Februari 2020, total kematian akibat virus korona Covid-19 di Tiongkok mencapai 1.310.

    Masih dari keterangan Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, tambahan 14.840 kasus terdeteksi di Hubei, provinsi pusat penyebaran virus korona Covid-19. Sementara untuk kematian di luar Tiongkok tercatat ada dua kasus, yakni di Filipina dan Hong Kong.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id