Indonesia Terus Lobi Arab Saudi Agar Masuk Daftar Umrah

    Marcheilla Ariesta - 01 Oktober 2020 01:24 WIB
    Indonesia Terus Lobi Arab Saudi Agar Masuk Daftar Umrah
    Ilustrasi umrah. AFP
    Jakarta: Pemerintah Indonesia terus melobi Arab Saudi terkait keputusan pembukaan ibadah umrah. Arab Saudi mengeluarkan maklumat ibadah umrah bertahap dan pembatasan kuota jemaah.

    "Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi kepada pemerintah Arab Saudi, termasuk komunikasi yang dilakukan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Rabu, 30 September 2020.

    Faizasyah menyebut dalam komunikasi itu, Menlu Retno berharap Indonesia masuk daftar negara yang diizinkan umrah. Arah Saudi disembut menyambut positif komunikasi itu,

    "Merespons hal tersebut, pihak Arab Saudi menyampaikan telah mencatat secara positif keinginan Indonesia tersebut," kata Faizasyah.

    Arab Saudi segera membuka kembali ibadah Umrah. Rencananya, ibadah umrah dibuka pada 4 Oktober 2020.
     
     
     
    Otoritas Kerajaan Arab Saudi mengumumkan beberapa peraturan bagi mereka yang hendak menunaikan ibadah Umrah di tengah pandemi virus korona (covid-19). Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Mohammed Saleh Benten, menuturkan pendaftaran umrah dilakukan secara digital. Para calon jemaah bisa mengunduh aplikasi yang telah dibuat Kementerian, Eatmarna.

    Para jemaah wajib menjaga jarak fisik dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Arab Saudi juga membatasi usia jemaah yang diperbolehkan mengikuti ibadah.
     
    "Kami juga menetapkan kelompok usia 18-65 tahun. Bagi yang tidak mampu berjalan akan disediakan kursi roda agar bisa melakukan tawaf dan sa'i, namun gerakan tawaf mereka akan konstan," ujar dia.

    (REN)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id