Cerita TKI Jadi Wisudawan Terbaik Universitas Terbuka Korsel

    Marcheilla Ariesta - 24 September 2019 09:36 WIB
    Cerita TKI Jadi Wisudawan Terbaik Universitas Terbuka Korsel
    Sebelas TKI merayakan kelulusan dari Universitas Terbuka Korsel, 22 September 2019. (Foto: KBRI Seoul)
    Seoul: Eko Purwanto, seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Sragen, Jawa Tengah, membanggakan Indonesia. Bersama 10 tenaga kerja lainnya, dia berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Terbuka Korea Selatan.

    "Hari ini, 22 September 2019, adalah hari bersejarah bagi kami Toga yang selama ini kami impikan bisa kami kenakan dengan penuh kebanggaan. Gelar sarjana yang kami idam-idamkan kini bisa kami dapatkan," kata Eko saat menyampaikan sambutannya sebagai wisudawan terbaik, dikutip dari pernyataan KBRI Seoul yang diterima Medcom.id, Selasa, 24 September 2019.

    Eko berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mencapai 3,3. Ini mengantarkannya menjadi wisudawan terbaik.

    Perjuangan Eko memang pantas mendapatkan pujian. Di tengah beratnya rutinitasnya sebagai seorang PMI yang bekerja di pabrik Ulsan, Korea Selatan, dirinya bisa menamatkan pendidikan dengan hasil memuaskan.

    Belajar pun hanya dapat dilakukan akhir pekan, yakni Minggu, satu-satunya hari libur yang ia dapatkan. Itupun jika pemilik pabrik tempat dia bekerja tidak menugaskannya kerja lembur.

    Eko berpesan kepada seluruh mahasiswa UT di Korsel yang rata-rata TKI, agar dapat mengatur waktu dengan baik. "Kunci sukses belajar di UT adalah pandai dalam manajemen waktu. Karena sistem belajarnya bersifat mandiri dan jarak jauh. Teruslah konsisten belajar, jangan sampai putus di tengah jalan sampai toga kalian kenakan," pesannya.

    Eko merupakan satu dari 11 warga Indonesia yang diwisuda pada hari itu. Semuanya berstatus TKI.

    Cerita TKI Jadi Wisudawan Terbaik Universitas Terbuka Korsel
    Eko Purwanto menjadi wisudawan terbaik UT Korsel. (Foto: KBRI Seoul)

    Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, menyampaikan rasa bangganya kepada para TKI yang berhasil lulus tersebut.

    "Saya bangga terhadap lulusan UT Korea yang dengan gigih tetap dapat menyelesaikan studinya walaupun harus berbagi waktu dengan pekerjaan yang sudah sangat menyita sebagian besar waktu mereka," serunya.

    Dia juga berpesan agar semakin banyak PMI memanfaatkan UT Korea dengan baik. "Inilah universitas negeri yang sengaja didesain untuk orang sibuk seperti kalian semua. Universitas ini memang tidak serta merta memberikan lapangan pekerjaan tatkala kalian pulang ke Tanah Air, tapi yang pasti akan mengubah pola fikir dan cara pandang sehingga mampu berkreasi dalam menyelesaikan aneka tantangan hidup. Sejarah mengajarkan, hanya melalui jalan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa atau individu dapat menjadi maju," tutur Dubes Umar.

    Tahun ini terdapat 15 PMI yang lulus dari UT Korea. Sebelas diantaranya mengikuti upacara wisuda.

    Yang spesial dari wisuda tahun ini, yakni upacara wisuda bersamaan dengan Festival Indonesia 2019 di Korsel. Festival ini terbesar yang diadakan oleh KBRI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Seoul untuk mempromosikan potensi Indonesia dalam bidang budaya, pariwisata, perdagangan dan investasi. 



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id