Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Selandia Baru

    Willy Haryono - 14 Desember 2019 15:29 WIB
    Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Selandia Baru
    Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf milik USGS. (AFP PHOTO / USGS)
    Wellington: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang Selandia Baru, Sabtu 14 Desember 2019. Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyebut, gempa berlokasi sekitar 38 kilometer dari Turangi, Selandia Baru.

    USGS menambahkan, kedalaman episenter gempa mencapai 66,71 kilometer.

    Sementara menurut data Geonet, dilansir dari TVNZ, kekuatan gempa mencapai magnitudo 4,9, dengan episenter yang berlokasi sekitar 40 km dari tenggara Turangi, dengan kedalaman 45 km.

    Karena berlokasi di wilayah tengah Selandia Baru, guncangan dirasakan di banyak area, mulai dari Whakatane di Bay of Plenty, New Plymouth, Wellington, Palmerston North, Taupo dan Naiper serta Hastings.

    Selasa kemarin, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Selandia Baru, tepatnya di area dekat Gisborne yang getarannya terasa di seantero North Island. Guncangan terjadi satu hari usai gunung berapi di White Island meletus.

    Menurut keterangan GeoNet, 5,3 dikategorikan sebagai gempa "kuat" yang episenternya berlokasi sekitar 25 kilometer dari Gisborne. Sementara kedalaman gempa dilaporkan mencapai 28 km.
     
    Lebih dari 1.800 orang mengaku merasakan guncangan. Sebagian besar dari mereka tinggal di area Bay of Plenty. Manajer Pertahanan Sipil Gisborne Wireme Tamati mengatakan kepada 1 News bahwa sejauh ini tidak ada kerusakan bangunan akibat gempa.

    Tamati mengaku merasakan gempa saat dirinya sedang berada di gedung dewan di pusat kota Gisborne. Menurutnya, guncangan kala itu terasa sekitar 45 detik.
     
    Ia menambahkan, ilmuwan dari Dewan Distrik Gisborne meyakini gempa ini tidak akan memicu gelombang tsunami.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id