Tiongkok Jadwalkan Latihan Militer Dekat Taiwan

    Willy Haryono - 28 Agustus 2019 07:48 WIB
    Tiongkok Jadwalkan Latihan Militer Dekat Taiwan
    Sejumlah prajurit berdiri di sebuah kapal Tiongkok di Qingdao, 23 April 2019. (Foto: AFP/POOL/MARK SCHIEFELBEIN)
    Beijing: Tiongkok berencana menggelar latihan militer terbaru di Laut China Timur dekat Taiwan pekan ini. Rencana latihan diumumkan di tengah ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan.

    Dikutip dari AFP, latihan ini akan menjadi kali ketiga yang dilakukan militer Tiongkok dalam kurun waktu satu bulan. Rangkaian latihan ini merupakan respons Tiongkok atas perjanjian penjualan senjata Amerika Serikat ke Taiwan -- termasuk pesawat jet tempur F-16 -- dengan nilai miliaran dolar.

    Hubungan antara Beijing dan Taipei merosot drastis sejak Presiden Tsai Ing-wen berkuasa di Taiwan pada 2016. Partai Tsai menolak mengakui kebijakan Negeri Tirai Bambu yang menyatakan Taiwan sebagai bagian dari "Satu Tiongkok."

    Sebagai hukuman atas sikap membangkang Tsai, Tiongkok memutus jalur komunikasi resmi dengan Taiwan, meningkatkan latihan militer dan tekanan diplomatik. Tiongkok juga berusaha membuat sejumlah negara tidak bekerja sama dengan Taiwan.

    Beijing melihat Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang harus kembali disatukan di masa mendatang, meski keduanya sudah berkuasa secara terpisah sejak akhir perang sipil di tahun 1949.

    Kembali ke latihan militer, kapal-kapal dilarang memasuki lepas pantai provinsi Zhejiang, Tiongkok, mulai Selasa 27 Agustus 2019 pukul 18.00 waktu setempat. Tiongkok tidak memaparkan detail mengenai skala latihan dan unit-unit apa saja yang terlibat.

    Surat kabar nasional Tiongkok, Global Times, menyebut latihan ini akan melibatkan amunisi sungguhan. Juli lalu, militer Tiongkok telah menggelar dua latihan militer berskala besar dekat Selat Taiwan.

    "Tujuan latihan adalah mempersiapkan untuk konflik, namun juga agar Taiwan mengurungkan niat untuk bergerak menuju kemerdekaan," kata Adam Ni, seorang peneliti Tiongkok dari Macquarie University di Sydney.

    Rangkaian latihan Tiongkok adalah implementasi dari "dokumen putih" yang diterbitkan Beijing pada Juli lalu. Dalam dokumen itu, Tiongkok mengingatkan mengenai meningkatnya kekuatan pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id