Pemimpin Etnis di Rakhine Divonis Penjara 20 Tahun

    Marcheilla Ariesta - 19 Maret 2019 16:27 WIB
    Pemimpin Etnis di Rakhine Divonis Penjara 20 Tahun
    Mantan ketua Partai Nasional Arakan Aye Maung. (Foto: AFP).
    Rakhine: Pengadilan Myanmar menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara bagi pemimpin etnis di Rakhine yang terkemukan karena pengkhianatan. Putusan ini memicu kemarahan di tengah pertempuran kelompok etnis dan tentara.

    Aye Maung, mantan ketua Partai Nasional Arakan dijatuhi hukuman makar dan pencemaran nama baik atas pidatonya pada Januari 2018. Dia terkenal karena pandangan garis keras terhadap minoritas Muslim Rohingya.

    Pasukan keamanan berusaha menenangkan ratusan pendukung di luar pengadilan di ibu kota negara tersebut saat Aye Maung dikawal polisi ke sebuah van usai vonis. 

    Media yang didukung negara tersebut mengatakan Aye Maung mencerca pemerintah pusat. Dia mengatakan pemerintah Myanmar memperlakukan etnis Rakhine sebagai budak.

    Aye Maung juga mengatakan saat itu sebagai waktu yang tepat bagi masyarakat melancarkan perlawanan bersenjata. Aye Maung dipenjara bersama dengan penulis Wai Hin Aung.

    "Baik Aye Maung dan penulis Wai Hin Aung, masing-masing dihukum 20 tahun atas tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi dan pencemaran nama baik negara," kata pengacara pembela Wai Hin Aung, Aye Nu Sein, dilansir dari AFP, Selasa 19 Maret 2019.

    Pendukung Aye Maung marah atas keputusan tersebut. Mereka mengatakan putusan itu sama dengan penganiayaan terhadap keduanya.

    "Ini tidak adil. Ini penindasan terhadap orang-orang etnis Rakhine," teriak seorang wanita di depan pengadilan.

    Kekerasan yang dilakukan militer pada 2017 kepada etnis muslim Rohingya di Rakhine, memaksa sekitar 740 ribu warga kabur ke Bangladesh. Para warga tersebut memenuhi beberapa kamp pengungsi di Cox's Bazaar.

    Namun, populasi etnis Buddha Rakhine yang beberapa diantaranya dituduh membantu militer, juga merasa dipinggirkan oleh negara.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id