Hentikan Penyebaran Virus Korona, Vietnam Karantina Beberapa Desa

    Marcheilla Ariesta - 13 Februari 2020 14:29 WIB
    Hentikan Penyebaran Virus Korona, Vietnam Karantina Beberapa Desa
    Warga Vietnam gunakan masker untuk hindari penyebaran virus korona Covid-19. (Foto: AFP).
    Hanoi: Pemerintah Vietnam karantina beberapa wilayah yang berdekatan dengan Hanoi karena virus korona Covid-19 ditemukan di sana. Sebanyak 10 ribu orang berada dalam wilayah yang dikarantina itu.

    Salah satu wilayah yang dikunci adalah Son Loi, berada sekitar 40 kilometer dari Hanoi. Ini merupakan karantina massal pertama di luar Tiongkok sejak virus Covid-19 muncul akhir tahun lalu.

    "Pada 13 Februari 2020, kami akan segera melaksanakan tugas isolasi dan karantina daerah epidemi di Son Loi. Batas waktunya adalah selama 20 hari," kata Kementerian Kesehatan Vietnam dalam pernyataan tertulis yang dilansir AFP, Kamis 13 Februari 2020.

    Son Loi merupakan daerah pertanian yang terdiri dari beberapa desa. Kementerian Kesehatan mengatakan ada lima orang di Son Loi terinfeksi virus itu, dan kasus lainnya ditemukan di desa tersebut hari ini.

    AFP melaporkan pos pemeriksaan sudah didirikan di sekitar wilayah itu, tepatnya di Binh Xuyen. Pejabat kesehatan mengenakan pakaian pelindung dan menyemprotkan desinfektan pada kendaraan di pos pemeriksaan.

    Penduduk desa, Tran Van Minh mengatakan, pihak berwenang menyarankan warga untuk menghindari pertemuan besar.

    "Kehidupan sangat terpengaruh. Sekarang kita tidak bisa keluar," katanya.

    Lebih dari 1.350 orang meninggal di Tiongkok karena virus itu. Hampir 60 ribu lainya terinfeksi sejak pertama kali terdeteksi awal Januari.

    Tiongkok telah memberlakukan karantina yang belum pernah terjadi sebelumnya di Hubei, wilayah pertama virus itu dideteksi. Sebanyak 56 juta orang terkunci dalam upaya menghentikan penyebaran virus.

    Vietnam memiliki perbatasan langsung dengan Tiongkok. Sebanyak 16 kasus terkonfirmasi di negara tersebut, termasuk yang ada di Son Loi.

    Vietnam juga telah melarang semua penerbangan dari dan ke Tiongkok daratan. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus.

    Mereka juga menangguhkan visa turis baru untuk warga negara Tiongkok dan orang aisng yang berada di Negeri Tirai Bambu selama dua pekan terakhir.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id