Kapal Nelayan Korut dan Patroli Jepang Bertabrakan - Medcom

    Kapal Nelayan Korut dan Patroli Jepang Bertabrakan

    Willy Haryono - 07 Oktober 2019 11:00 WIB
    Kapal Nelayan Korut dan Patroli Jepang Bertabrakan
    Kapal Korut di lepas pantai Hokkaido dibawa petugas ke arah pelabuhan Jepang pada 30 Novembr 2017. (Foto: AFP/1st Regional Coast Guard Headquarters)
    Tokyo: Sebuah kapal asal Korea Utara (Korut) bertabrakan dengan patroli agensi perikanan Tokyo di Laut Jepang, Senin 7 Oktober 2019. Kencangnya tabrakan membuat sekitar 20 kru kapal Korut terlempar ke laut.

    "Kami sedang mengerahkan kapal dan pesawat penyelamat ke lokasi kejadian. Kami belum tahu detail lebih lanjut," kata juru bicara Penjaga Pantai Jepang Kazuma Nohara kepada kantor berita AFP.

    Kapal Korut diyakini sebagai jenis penangkap ikan, yang dilaporkan setengah tenggelam usai tabrakan. Hingga saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai status seluruh kru kapal tersebut.

    Tabrakan terjadi di lokasi yang berjarak sekitar 350 kilometer dari semenannjung Noto di Prefektur Ishikawa.

    "Kami telah memperkuat patroli di sekitar perairan tersebut bersama agensi perikanan dalam beberapa tahun terakhir. Patroli dilakukan karena banyaknya laporan mengenai aktivitas ilegal kapal penangkap ikan asal Korut," tutur Nohara.

    Sejumlah pakar menyebut banyak nelayan asal Korut berlayar jauh hingga ke laut lepas demi memenuhi target tangkapan yang ditetapkan pemerintah. Pada setiap tahunnya, puluhan kapal nelayan Korut terdampar di pesisir Jepang.

    Sebagian besar kapal tersebut berada dalam kondisi buruk sehingga rentan mengalami masalah teknis, termasuk kehabisan bahan bakar di tengah laut.

    Terdapat juga sejumlah kapal yang terdampar di pesisir Jepang, namun semua krunya telah meninggal. Media lokal biasa menyebut fenomena tersebut sebagai "terdamparnya kapal hantu."

    Pada 2018, 10 warga Korut diselamatkan dari sebuah perahu kayu kecil yang terombang-ambing di lepas pantai selatan Jepang. Setelah diproses, mereka semua dideportasi ke Korut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id