Tiongkok akan Lanjutkan 'Pelatihan' Warga Xinjiang

    Marcheilla Ariesta - 09 Desember 2019 14:06 WIB
    Tiongkok akan Lanjutkan 'Pelatihan' Warga Xinjiang
    Warga Muslim Uighur yang ada di Xinjiang. (Foto: AFP).
    Xinjiang: Tiongkok akan melanjutkan pelatihan warga Xinjiang di kamp pendidikan mereka di sana. Pengumuman ini disampaikan menyusul kebocoran dokumen pemerintah yang merinci pengawasan dan kontrol populasi Uighur di Xinjiang.

    Dalam sebuah konferensi pers, Shohrat Zakir, ketua wilayah Xinjiang, menolak pernyataan para kelompok hak asasi manusia bahwa ada penahanan lebih dari satu juta warga Uighur. Laporan kelompok HAM tersebut menyebutkan sebagian besar Muslim minoritas ditahan di fasilitas reedukasi.

    "Para siswa, dengan bantuan pemerintah, telah mendapatkan pekerjaan yang stabil. Kualitas hidup mereka meningkat," kata Shohrat, dilansir dari AFP, Senin 9 Desember 2019.

    Dia menambahkan, para warga Xinjiang yang saat ini berada di kamp pendidikan itu harus menyelesaikan kursus mereka.

    "Pemerintah Xinjiang akan melanjutkan pelatihan pendidikan harian, rutin, normal, dan terbuka untuk kader desa, anggota partai desa, petani, penggembala, dan lulusan sekolah menengah yang menganggur," imbuhnya.

    Bulan lalu, New York Times memperoleh 403 dokumen berisi tindakan kekerasan Beijing terhadap sebagian besar etnis minoritas Muslim di Xinjiang. Dokumen pemerintah itu dibocorkan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

    Mereka menunjukkan pejabat lokal diperintahkan untuk memantau para warga di kamp. Tujuannya agar warga tidak melarikan diri.

    Sebelumnya, Tiongkok menyangkal keberadaan kamp pendidikan di Xinjiang. Namun, setelah pemberitaan terus menerus, Beijing akhirnya mengakui telah membuka pusat pendidikan kejuruan di Xinjiang.

    Pusat pelatihan ini bertujuan untuk mencegah ekstremisme dengan mengajarkan bahasa Mandarin dan keterampilan kerja lainnya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id