Gempa Magnitudo 3,8 Tewaskan Satu Warga Kashmir

    Willy Haryono - 06 Oktober 2019 18:03 WIB
    Gempa Magnitudo 3,8 Tewaskan Satu Warga Kashmir
    Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)
    Islamabad: Sedikitnya satu orang tewas dan dua lainnya terluka akibat tertimpa puing rumah yang roboh di Mirpur, Kashmir Pakistan (PoK), Minggu 6 Oktober 2019. Rumah tersebut ambruk akibat diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,8.

    Mengutip Departemen Meteorologi Pakistan, media ARY News menyebut episenter gempa berlokasi sekitar 12 kilometer di Jehlum, dengan kedalaman mencapai 15 km. Gempa yang terjadi pada pukul 10.28 waktu setempat itu juga dirasakan hingga ke beberapa area sekitar Mirpur.

    Otoritas Mirpur menyebut guncangan gempa, meski relatif lemah, telah membuat sebuah rumah roboh. Tiga orang terkubur reruntuhan rumah tersebut, dan salah satunya dinyatakan meninggal.

    Bulan lalu, sedikitnya 40 orang tewas dan 800 lainnya terluka saat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Mirpur.

    Guncangan kala itu juga terasa hingga ke Islamabad, Rawalpindi, Murree, Jhelum, Charsadda, Swat, Khyber, Abbottabad, Bajaur, Nowshera, Mansehra, Battagram, Torghar dan Kohistan.

    Oktober 2005, Pakistan diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,6 yang menewaskan lebih dari 73 ribu orang dan membuat 3,5 juta lainnya kehilangan tempat tinggal. Sebagian besar korban adalah warga Kashmir Pakistan.

    Pakistan terletak di lokasi pertemuan lempeng tektonik India dan Eurasia. Hal tersebut menjadikan Pakistan sebagai salah satu negara yang rentan diguncang gempa bumi.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id