Pasukan Afghanistan dan AS Bunuh 80 Militan Taliban

    Willy Haryono - 27 Oktober 2019 20:05 WIB
    Pasukan Afghanistan dan AS Bunuh 80 Militan Taliban
    Sekelompok prajurit AS berpatroli di Kandahar, Afghanistan. (Foto: AFP)
    Faryab: Lebih dari 80 militan kelompok Taliban tewas dalam operasi udara yang dilakukan pasukan Afghanistan dan juga Amerika Serikat di provinsi Kandahar dan Faryab dalam 24 jam terakhir.

    Menurut Abdul Kareem, kepala polisi provinsi Faryab, sekelompok militan Taliban menyerang beberapa pos pemeriksaan di distrik Pashtunkot pada Sabtu 26 Oktober malam. Serangan itu direspons gempuran udara oleh pasukan Afghanistan.

    Kareem mengatakan kepada Anadolu Agency, Minggu 27 Oktober 2019, bahwa sedikitnya 53 militan Taliban tewas dan 11 lainnya terluka dalam serangan udara tersebut.

    Sementara di provinsi Kandahar, pasukan AS melakukan serangan udara di distrik Maruf dan juga Shah Wali Kot. Gempuran menewaskan 33 militan Taliban dan melukai delapan lainnya.

    Dua distrik tersebut dikenal sebagai wilayah yang terkena pengaruh kuat Taliban.

    Sementara itu, Taliban mengklaim telah berhasil menyerang sebuah konvoi pasukan AS dekat Bandara Internasional Kandahar.

    Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengklaim bahwa sebuah kendaraan lapis baja AS hancur total dalam ledakan di area Sar Gaz di wilayah selatan dari bandara Kandahar.
     
    Seorang sumber dari kantor gubernur Kandahar mengatakan kepada media Sputnik bahwa tidak ada warga sipil yang terluka dalam ledakan tersebut.
     
    Taliban terus memerangi pemerintah Afghanistan dan juga para mitranya, termasuk AS, selama bertahun-tahun.
     
    Negosiasi damai antara Taliban dan AS yang telah beberapa kali dilakukan belum juga berbuah hasil. Sejauh ini, Taliban masih menolak bernegosiasi langsung dengan pemerintah Afghanistan.
     
    September lalu, Presiden AS Donald Trump membatalkan negosiasi dengan Taliban walau perjanjian damai konflik Afghanistan sudah di depan mata.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id