Korban Tewas Gempa Pakistan Bertambah, Ratusan Terluka - Medcom

    Korban Tewas Gempa Pakistan Bertambah, Ratusan Terluka

    Willy Haryono - 25 September 2019 15:07 WIB
    Korban Tewas Gempa Pakistan Bertambah, Ratusan Terluka
    Kondisi jalanan yang terbelah dan amblas akibat gempa di wilayah pinggiran Mirpur, Kashmir Pakistan, 25 September 2019. (Foto: AFP/. (Foto: AFP/AAMIR QURESHI)
    Mirpur: Jumlah korban tewas gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 di Pakistan bertambah menjadi 22 orang, dengan lebih dari 300 lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

    Gempa terjadi pada Selasa 24 September di kota Mirpur, Kashmir Pakistan dan juga beberapa area di provinsi Punjab.

    Sejumlah sekolah di dekat kota Mirpur hancur berantakan terkena imbas guncangan. Deretan tempat tinggal di wilayah kumuh sekitar Mirpur juga dikabarkan rata dengan tanah.

    Warga terdampak bencana terlihat mencoba mencari barang-barang berharga mereka di tengah reruntuhan bangunan. "Saya kehilangan rumah. Saya kehilangan segalanya," kata Abdullah Khan, warga desa Jatlan di pinggiran kota Mirpur.

    Militer Pakistan terus memimpin upaya pencarian dan penyelamatan sejak Selasa hingga hari ini. Islamabad khawatir jumlah korban tewas dapat kembali bertambah.

    "Pengamatan kerusakan fisik via udara telah selesai dilakukan. Sejauh ini 22 orang tewas, termasuk seorang prajurit," ucap pernyataan divisi komunikasi militer Pakistan, dikutip dari laman AFP, Rabu 25 September 2019.

    Hujan terus mengguyur area terdampak gempa sejak tadi malam. Sejumlah ruas jalan yang retak atau bahkan amblas pun otomatis menjadi kubangan besar. 

    Kuatnya guncangan juga dirasakan warga Islamabad dan juga Lahore. Terdapat pula laporan bahwa gempa bahkan terasa hingga ke negara tetangga India, tepatnya di wilayah ibu kota New Delhi.

    "Saya hendak menemui seorang teman saat tiba-tiba sebuah dinding besar jatuh menimpa saya. Saat tersadar, saya sudah berada di tempat tidur ini," kata Ali Badshah, seorang murid kelas lima sekolah dasar, kepada AFP di sebuah rumah sakit di Mirpur.

    Guncangan juga memicu padamnya aliran listrik di area Mirpur dan juga distrik Kotli. "Sejauh ini, 200 tenda, 800 selimut dan 110 petugas penyelamat telah dikerahkan ke lokasi," sebut pernyataan resmi Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan.

    Pakistan pernah diguncang gempa magnitudo 7,6 pada 8 Oktober 2005, yang menewaskan lebih dari 73 ribu orang dan membuat 3,5 juta lainnya kehilangan tempat tinggal. Sebagian besar korban adalah warga Kashmir Pakistan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id