Menlu Retno Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru

    Sonya Michaella - 15 Maret 2019 11:24 WIB
    Menlu Retno Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru
    Menlu Retno Marsudi kecam penembakan di sebuah masjid di Selandia Baru. (Foto: AFP).
    Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengecam aksi penembakan yang terjadi di sebuah masjid di Christchurch, Selandia Baru. Aksi ini terjadi ketika salat Jumat sedang dilaksanakan.

    Baca juga: PM Selandia Baru Jamin Keselamatan Warga.
    “Indonesia jelas mengecam aksi penembakan seperti ini, apalagi di rumah ibadah ketika salat Jumat sedang dilaksanakan,” kata Menlu Retno kepada awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.

    Hingga saat ini, belum diketahui apa motif dari penembakan tersebut. Jumlah korban yang jatuh juga belum disebutkan oleh polisi, pun siapa sang pelaku penembakan.

    “Kemenlu RI terus berkomunikasi dengan KBRI Wellington terkait perkembangan di lapangan. Kami terus memantau,” lanjut Menlu Retno.

    Sementara itu, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan yang menyebutkan ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban.

    Baca juga: Dubes Tantowi: Belum ada Laporan Korban WNI.

    Penembakan ini terjadi sehari usai Menteri Perubahan Iklim James Shaw, 45, diserang di jalan ibu kota negara tersebut. Namun, rincian penembakan masih belum jelas apakah berkaitan dengan penyerangan yang dialami Shaw.

    Menurut data KBRI Wellington, saat ini ada 7.000 WNI yang tinggal di Selandia Baru dengan status pelajar hingga ibu rumah tangga. Mayoritas WNI tinggal di ibu kota Wellington dan Auckland serta ada 330 WNI yang tinggal di Christchurch, mayoritas adalah mahasiswa. 



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id