78 WNI di Diamond Princess dalam Kondisi Sehat

    Willy Haryono - 12 Februari 2020 12:45 WIB
    78 WNI di Diamond Princess dalam Kondisi Sehat
    Kapal pesiar Diamond Princess bersandar di pelabuhan Yokohama, Jepang, 11 Februari 2020. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)
    Tokyo: Kementerian Luar Negeri dan KBRI Tokyo terus memantau kondisi terkini 78 kru WNI di kapal pesiar Diamond Princess. Hingga hari ini, Rabu 12 Februari 2020, kondisi mereka semua sehat.

    "Untuk menjaga komunikasi, KBRI Tokyo telah membentuk grup WhatsApp dengan para kru WNI dan memberikan bantuan logistik berupa vitamin," ucap Kemenlu RI dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id

    Bekerja sama dengan Kemenhub, Kemenlu telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI untuk memastikan pelindungan bagi mereka.

    "Selain itu, Kemenlu juga telah menghubungi keluarga para kru WNI untuk menyampaikan perkembangan terakhir," lanjut Kemenlu RI.

    Sesuai informasi Otoritas Jepang, jika tidak ada perkembangan lain, masa observasi kesehatan di Diamond Princess akan berakhir pada 19 Februari 2020.

    Diamond Princess dikarantina sejak tiba di lepas pantai Jepang pada akhir pekan kemarin. Karantina dilakukan usai seseorang yang pernah naik ke kapal tersebut dari Hong Kong dinyatakan positif korona.
     
    Saat Diamond Princess tiba di Jepang, otoritas setempat memeriksa hampir 300 dari total 3.711 orang di kapal tersebut. Secara bertahap, orang-orang yang dinyatakan positif dikeluarkan dari kapal dan dibawa ke rumah sakit.
     
    Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperluas ke orang-orang yang memperlihatkan gejala atau yang pernah melakukan kontak dengan penumpang atau kru terinfeksi korona.
     
    Mereka yang tetap berada di dalam Diamond Princess diminta untuk tetap berada di dalam kabin, dengan sesekali diizinkan keluar ke area geladak. Mereka semua juga diminta tetap mengenakan masker dan menjaga jarak antar sesama.

    Hingga saat ini, total infeksi korona di Diamond Princess mencapai 174, setelah adanya tambahan 39 kasus dari hasil pemeriksaan 53 orang. Sementara kematian akibat virus korona Covid-19 di level global mencapai 1.112 orang.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id