comscore

Pakistan Ingin Selesaikan Masalah Kashmir Secara Damai

Marcheilla Ariesta - 06 September 2019 18:24 WIB
Pakistan Ingin Selesaikan Masalah Kashmir Secara Damai
Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Jakarta: Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan menganggap masalah Kashmir berkaitan dengan agama, teritorial, dan hak asasi manusia (HAM). Namun, Pemerintah Pakistan ingin agar masalah Kashmir ini diselesaikan secara damai.

"Kami tidak menginginkan perang. Kami ingin menyelesaikan ini secara damai, namun sepertinya India tidak menginginkannya," kata Dubes Abdul dalam Peringatan Hari Angkatan Bersenjata Pakistan, di Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta, Jumat, 6 Juli 2019.
Dia menambahkan jika India menginginkan perdamaian, mereka tidak akan mengirim 800 ribu tentara ke wilayah Kashmir sejak 1989. Bahkan, imbuhnya, India tidak akan mencabut status khusus Kashmir yang membuat wilayah itu kini semakin memanas.

Dubes Abdul menuturkan bahwa negaranya menginginkan adanya dialog bersama dengan India. "Kami ingin duduk bersama dan membahas kasus ini," imbuhnya.

Ribuan orang, kata Dubes Abdul, telah meregang nyawa atas konflik Jammu dan Kashmir sejak 30 tahun lalu. Karenanya, Pakistan tidak menginginkan bertambahnya korban atas konflik yang tak usai ini.

Pemerintah India mencabut status khusus Kashmir sebulan lalu. Keputusan ini menyebabkan protes terjadi di wilayah yang diperebutkan New Delhi dan Islamabad.

Setelah keputusan tersebut, Kashmir seakan dikurung oleh pasukan keamanan India. Pemerintah India di New Delhi berusaha menghalangi protes terhadap langkah mereka memaksakan kontrol pusat lebih ketat atas wilayah tersebut.
 
Bahkan, internet dan komunikasi telepon telah diputus. Para pasukan keamanan yang berjumlah ribuan itu terlihat membanjiri kota-kota utama di Srinagar, serta desa-desa Lembah Kashmir lainnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id