Tiongkok Desak AS Berhenti Ikut Campur Masalah Hong Kong - Medcom

    Tiongkok Desak AS Berhenti Ikut Campur Masalah Hong Kong

    Medcom - 16 Oktober 2019 13:49 WIB
    Tiongkok Desak AS Berhenti Ikut Campur Masalah Hong Kong
    Protes aktivis pro-demokrasi Hong Kong berujung pada kerusuhan. Foto: AFP.
    Beijing: Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan bahwa Beijing dengan tegas menentang undang-undang baru yang disahkan oleh DPR Amerika Serikat terkait dengan protes Hong Kong. Parlemen Tiongkok mendesak anggota parlemen AS untuk berhenti ikut campur.

    "Kami menentang tegas terhadap desakan DPR AS untuk mengeluarkan pernyataan terkait Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang, seperti dikutip AFP, Rabu, 16 Oktober 2019.

    “Hubungan Tiongkok dengan AS akan rusak jika undang-undang itu menjadi hukum,” imbuh Shuang.

    Kedua negara saat ini merundingkan pembicaraan untuk menyelesaikan perang dagang yang berlangsung atas kenaikan tarif ekspor berharga miliaran dolar.

    Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong, salah satu aturan yang disahkan oleh DPR AS, akan meminta Menlu AS untuk menyatakan Hong Kong mempertahankan otonominya. Selama ini Hong Kong menerima perlakuan khusus dari AS sebagai pusat keuangan utama.

    DPR Negeri Paman Sam juga mengesahkan Undang-Undang Proteksi Hong Kong, yang akan melarang ekspor komersial barang-barang artileri militer dan alat keamanan yang dapat digunakan oleh polisi Hong Kong terhadap pedemo.

    “Sebuah resolusi tidak akan muncul guna mengikat hubungan Tiongkok dengan AS,” ungkap salah satu anggota parlemen dalam pernyataan.

    Senat belum menjadwalkan pemungutan suara pada undang-undang ini. Aturan itu akan diserahkan kepada Presiden Donald Trump untuk ditandatangani atau diveto.

    Hong Kong telah menyaksikan protes yang semakin keras dalam beberapa bulan terakhir. Para demonstran mendorong kebebasan demokrasi, memilnta polisi bertanggungjawab atas kerusuhan yang pecah di hampir setiap demo.






    Penulis: Rifqi Akbar



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id