Jepang Dukung Penuh Pandangan Indo-Pasifik ASEAN

    Marcheilla Ariesta - 11 Januari 2020 03:30 WIB
    Jepang Dukung Penuh Pandangan Indo-Pasifik ASEAN
    Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. Medcom.id/ Marcheilla Ariesta.
    Jakarta: Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan negaranya mendukung sepenuhnya prinsip yang dicantumkan dalam ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP). Bahkan mereka mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam perumusan prinsip ini.

    "Jepang mendukung AOIP karena gambaran Indo-Pasifik masa depan yang ditunjukkan dalam AOIP memiliki kesamaan dengan visi yang dianjurkan Jepang," kata Motegi di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

    Kawasan Indo-Pasifik, kata Motegi, merupakan pusat dinamika dunia. Hampir separuh jumlah penduduk dunia bermukim di kawasan ini.

    Di wilayah ini seringkali ada persaingan kekuatan kompleks antara beberapa negara. "Tatanan di kawasan Indo-Pasifik ini harus ditertibkan secara transparan oleh aturan jelas," tutur Motegi.

    Dia berharap agar kawasan Indo-Pasifik tenang, tidak diguncang pihak yang ingin merampas seluruh kekayaan di wilayah ini. Tentunya untuk dapat mewujudkan lingkungan sosial ekonomi yang stabil.

    Oleh sebab itu, Jepang dan Indonesia sepakat untuk bekerja sama dalam menjaga pantai. Kerja sama meliputi bidang pembangunan kapasitas, pertukaran domain kepedulian maritim di kawasan Indo-Pasifik. Namun Motegi tidak merincinya lebih lanjut.

    Di sisi lain, Indonesia mengapresiasi dukungan Jepang terhadap konsep Indo-Pasifik ASEAN. "Indonesia mengapresiasi dukungan Jepang terhadap The ASEAN Outlook on Indo-Pacific," ujar dia.

    Indonesia juga akan menyelenggarakan World Economic Forum on ASEAN and the Indo-Pacific pada Juli tahun ini. Jepang secara positif menyambut undangan ini untuk berpartisipasi.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id