103 Pasien Virus Korona di Wuhan Dinyatakan Sembuh

    Willy Haryono - 01 Februari 2020 17:02 WIB
    103 Pasien Virus Korona di Wuhan Dinyatakan Sembuh
    Staf medis mengenakan pakaian pelindung di rumah sakit Zhongnan di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP)
    Wuhan: Total 103 pasien yang terinfeksi virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) di kota Wuhan dinyatakan sembuh dan boleh meninggalkan rumah sakit. Dilansir dari Xinhua, laporan terbaru disampaikan seorang pejabat lokal Wuhan, Sabtu 1 Februari 2020.

    Dalam konferensi pers pada Jumat kemarin, Wali Kota Wuhan Zhou Xianwang melaporkan adanya 2.639 kasus terkonfirmasi virus korona di kotanya per Kamis 30 Januari.

    Masih dalam konferensi pers tersebut, pejabat bernama Li Qiang mengatakan bahwa Palang Merah cabang Wuhan telah menerima donasi senilai lebih dari 600 juta yuan (setara Rp1,1 triliun). Donasi dari berbagai sumber itu ditujukan untuk membantu penanganan wabah virus korona.

    Palang Merah cabang Wuhan juga menerima 9.316 masker, 80.456 kacamata pelindung serta berbagai obat-obatan dan peralatan medis lainnya pada Kamis  kemarin.

    Wakil Wali Kota Wuhan Xu Honglan mengatakan bahwa kotanya menerima pasokan sayur-sayuran segar dengan harga stabil dengan total berat mencapai 34.400 ton. Pasokan sayuran itu diyakini cukup hingga satu pekan ke depan.

    Menurut data Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok per Sabtu ini, sedikitnya 259 orang tewas akibat virus korona nCoV, dengan total kasus terkonfirmasi mencapai 11.791 di seantero Negeri Tirai Bambu.
     
    Dilansir dari laman Al Jazeera, sebagian besar kematian berasal dari provinsi Hubei. Wuhan, kota pusat penyebaran virus korona nCoV, berada di provinsi tersebut.

    Sementara sekitar 102 ribu orang di Tiongkok masih berada dalam pengawasan medis khusus karena mereka menunjukkan gejala-gejala gangguan pernapasan.

    Kamis kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan status darurat global terkait virus korona. Keputusan dihasilkan dalam rapat selama lima jam yang dilakukan oleh Komite Darurat WHO.

    Komite Darurat WHO meyakini mereka masih mungkin untuk menghentikan penyebaran virus korona, asalkan negara-negara memberlakukan langkah-langkah kuat untuk mendeteksi penyakit sejak dini, mengisolasi dan menangani kasus, melacak kontak, dan mempromosikan langkah-langkah jarak sosial yang sepadan dengan risiko.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id